Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Siapkan Bandwidth 4 Terabyte

Kompas.com - 17/12/2018, 18:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel memprediksi adanya lonjaka trafik data sebesar 20 persen pada malam pergantian tahun. Mengantisipasi hal tersebut, Telkomsel menyiapkan 88 unit compact mobile base station (combat) atau base transceiver station (BTS) mobile di beberapa titik dengan trafik data terpadat.

Selain itu, sebanyak 776 BRS multi-band LTE juga dibangun dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Terabytes per second (Tbps) di seluruh Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengklaim langkah tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi jaringan selama libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian, kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan.

Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” jelas Bob.

Dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (17/12/2018), optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian saat periode Natal dan Tahun Baru 2019.

Di antaranya adalah alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall, dan pusat perbelanjaan.

Antisipasi juga dikerahkan di beberapa infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang telah beroperasi. Telkomsel memprioritaskan 13 titik utama di seluruh Indonesia untuk pengamanan jaringan.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Aplikasi Mobile Banking

Titik tersebut adalah Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta Bali, Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), Lapangan Merdeka (Ambon).

Untuk mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G di 49 titik. Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20 persen dibanding penggunaan normal.

Lonjakan ini diperkirakan akan didominasi oleh layanan video sebesar 31 persen. Selain layanan data, trafik layanan SMS diprediksi akan ikut naik sebesar 0,5 persen, sementara layanan suara diperkirakan cenderung menurun sekitar 1,4 persen dibanding hari biasa.

Telkomsel juga telah menyiapkan 592 mobile GraPARI dan 3.779 outlet Siaga untuk memaksimalkan layanan. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 428 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com