Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pamer Cara Kerja Ponsel Galaxy "Berlayar Bolong"

Kompas.com - 17/12/2018, 19:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Neowin

KOMPAS.com - Selain mengumumkan ponsel lipat dan desain baru lini Galaxy, Samsung juga mengumumkan antarmuka One UI dalam acara Samsung Developer Conference (SDC) November lalu.

Antarmuka tersebut dirancang khusus dan akan membawa banyak pembaruan, mengingat Samsung merombak desain lini Galaxy dengan lubang kamera di depan, atau dalam bahasa Samsung disebut Infinity-O. Antarmuka One UI diperkirakan akan ditempel di Galaxy S10 yang akan rilis tahun depan.

Sebelum perangkatnya rilis, Samsung lebih dulu menyebar penampakan One UI dan cara kerjanya dalam sebuah video promosi singkat. Dalam video berdurasi satu menit enam detik itu, tampak jika One UI akan tampil lebih sederhana.

Tujuannya tak lain adalah memberikan kenyamaan pengguna atau user experience (UX) dengan pengoperasian satu tangan. Misalnya untuk tombol navigasi, dibuat lebih mudah dan cepat digunakan.

Baca juga: Pabrikan Casing Ponsel Ungkap Desain Baru Trio Galaxy S10

Beberapa ikon baru juga muncul dengan bentuk lebih modern. Tak hanya itu, Samsung juga menyiapkan mode gelap alias "dark mode".

Mode ini tak hanya mempercantik tampilan layar di malam hari, namun juga berfungsi menghemat daya pada layar AMOLED. One UI juga memisahkan tampilan menu menjadi dua, yakni "viewing area" dan "interactive section".

"Viewing area" digambarkan sebagai area layar dengan teks besar, sedangkan "interaction section menampilkan beberapa opsi menu atau notifikasi.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Neowin, Senin (17/12/2018), antarmuka ini baru tersedia dalam format beta. Kemungkinan, One UI akan dirilis bersamaan dengan lini Galaxy S10 pada kuartal I-2019.

Berikut video promosi antarmuka One UI yang dirilis Samsung pada 13 Desember lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Neowin


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com