Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Dituntut Pengguna Gara-gara "Notch" dan Ukuran Layar

Kompas.com - 18/12/2018, 08:34 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Notch alias takik di bagian atas layar menjadi salah satu hal yang ditonjolkan saat iPhone X pertama kali diluncurkan. Namun fitur tersebut kini malah membawa masalah bagi Apple.

Seorang pengguna iPhone bernama Courtney Davis melayangkan gugatan ke pengadilan di Distrik Utara California. Davis menuduh Apple menayangkan informasi yang telah mengecoh pembeli pada iklannya.

Gugatan ini berawal ketika Davis membeli sebuah iPhone XS Max melalui mekanisme pre-order.

Awalnya Davis mengira bahwa iPhone XS Max tidak memiliki notch lantaran dalam poster iklan yang dipublikasi, poni tersebut tersamarkan oleh warna gelap pada wallpaper yang digunakan.

Namun ternyata kenyataannya berbeda. Sebagaimana kita ketahui bahwa semua perangkat iPhone yang dirilis pada 2018 ini memiliki notch di bagian atas layar.

Karena hal inilah pengacara Davis menuduh Apple mendesain iklannya untuk menyembunyikan notch, sehingga dapat mengelabui calon pembeli.

Davis pun pada awalnya merasa yakin bahwa iPhone XS Max yang dia dapatkan secara beli tidak memiliki notch.

"Gambar-gambar ini diyakini oleh penggugat bahwa iPhone XS dan XS Max tidak memiliki takik di bagian atas layar ponsel," ungkap pengacara Davis. 

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (18/12/2018), jika dilihat sepintas iklan-iklan Apple yang menampilkan jajaran iPhone terbaru memang terlihat tak memiliki notch. Hal ini dikarenakan Apple menggunakan wallpaper berwarna hitam yang menyamarkan takik tersebut.

Baca juga: Tren Layar Smartphone, dari Poni, Kamera Tersembunyi, hingga Lubang

Selain soal takik, Apple juga dituduh telah mengelabui pelanggan karena memiliki resolusi layar lebih rendah dari yang disebutkan pada iklan.

Salah satu contohnya adalah iPhone X yang dikatakan memiliki resolusi 2.436 x 1.125 piksel. Biasanya, layar dengan resolusi ini memiliki true pixel dengan subpixel merah, hijau dan biru.

Padahal menurut penggugat, iPhone X hanya memiliki dua subpixel per pixel dan jumlah ini lebih rendah dari jumlah yang diiklankan.

Selain itu, ukuran layar pun dipermasalahkan. Penggugat mengatakan bahwa ukuran layar iPhone X tidak sampai 5,8 inci seperti yang dikatakan pada iklan. Menurutnya layar iPhone X hanya berukuran sekitar 5,6875 inci.

Ini adalah pertama kalinya Apple mendapat gugatan dari pengguna yang mempermasalahkan materi iklan. Apple sendiri belum memberikan komentar terkait gugatan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com