Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-tsunami Banten, Jaringan Telkomsel, XL, Indosat, dan Smartfren Normal

Kompas.com - 23/12/2018, 16:35 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah penyedia layanan seluler menyatakan layanannya tak mengalami gangguan yang signifikan pasca tsunami Selat Sunda yang melanda beberapa wilayah di Banten dan Lampung Selatan, Sabtu (22/12/2018) malam.

Beberapa operator tersebut diantaranya Smartfren, Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL.

Tak hanya memberikan update terkini kondisi layanan dan jaringan, mereka juga turut menyampaikan bela sungkawa kepada korban yang terkena musibah tsunami tersebut.

Smartfren

Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren berkata bahwa layanan Smartfren tetap berfungsi secara baik dan optimal.

Namun guna tetap memberikan jaminan pelayanan, pihaknya tetap melakukan pemantauan secara 24 jam penuh di area terdampak tsunami.

Merza juga mengatakan turut berduka cita atas kejadian yang menimpa pesisir Banten tersebut.  "Kami turut berbela sungkawa atas kejadian tersebut serta timbulnya korban jiwa dan kerugian materi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (23/12/2018).

Telkomsel

Sementara itu, Aldin Hasyim, Manager Corporate Communication Telkomsel menyatakan bahwa layanan Telkomsel sempat terganggu akibat terjangan tsunami Selat Sunda.

Beberapa layanan BTS Telkomsel di area Banten dilaporkan tidak berfungsi pagi ini akibat padamnya arus listrik dari PLN. Namun, pihaknya telah mengambil langkah sigap  dengan memobilisasi Mobile Backup Power (MBP) ke beberapa lokasi yang padam tersebut.

Sampai saat ini, layanan Telkomsel sendiri diketahui sudah bisa dinikmati secara normal, mengingat 99 persen jaringannya sudah diperbaiki sejak siang tadi.

"Telkomsel menyampaikan duka cita yang mendalam untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan," tutur Aldin.

Baca Juga: Tsunami Banten, Infrastruktur Telekomunikasi Aman

Indosat Ooredoo

Hal serupa juga disampaikan penyedia layanan seluler Indosat Ooredoo. Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo menyatakan kondisi jaringan Indosat dilaporkan aman dan masih melayani masyarakat dengan baik.

Namun, ada beberapa BTS yang mengalami gangguan karena ketiadaan pasokan listrik dari PLN. Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya tetap terus memantau situasi daerah bencana dan berupaya untuk memulihkan kondisi jaringan sesegera mungkin.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com