Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fitur Ikonik iPhone yang Kini Hilang

Kompas.com - 26/12/2018, 20:05 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Sejak diperkenalkan pada 2007 silam, iPhone menjadi perangkat yang mengubah industri ponsel pintar. iPhone membawa desain serta beragam fitur inovatif yang kemudian menjadi tren hingga kini.

Tercatat ada 21 jenis iPhone yang telah diluncurkan hingga akhir 2018 ini. Mulai dari iPhone 2G sampai iPhone XS Max yang diperkenalkan beberapa bulan lalu.

Dari waktu ke waktu, Apple terus memberi perubahan pada jajaran iPhone. Hal ini tentu saja dilakukan agar iPhone tetap diminati oleh pengguna dan tak tergerus oleh zaman.

Namun sebagai konsekuensinya, Apple harus menghilangkan beberapa fitur yang sudah menjadi ciri khas iPhone sebelumnya.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (26/12/2018), berikut ini adalah 10 fitur ikonik pada iPhone yang kini telah hilang.

1. Desain Skeuomorphism

Skeuomorphism adalah gaya desain yang menciptakan sebuah gambar yang meniru benda di dunia nyata.

Skeuomorphism ini menjadi populer ketika Apple menggunakannya pada tampilan antarmuka iOS 1 hingga iOS 6. Skeuomorphism membuat tampilan ikon pada iPhone menyerupai benda asli di dunia nyata.

Desain ini kemudian menjadi khas pada iPhone dan mendapat banyak penggemar. Namun kemudian pada iOS 7, Apple memutuskan untuk mengadopsi "flat design" dengan tampilan yang lebih sederhana.

Antarmuka iOS 7.Apple Antarmuka iOS 7.

2. Konektor 30 Pin

Konektor 30 Pin juga menjadi salah satu fitur milik iPhone yang sangat ikonik. Konektor ini hadir sejak iPhone pertama kali diluncurkan pada 2007 silam.

Bentuk yang memanjang membuat konektor ini berbeda dengan milik ponsel kebanyakan. Konektor ini sekaligus bisa digunakan untuk mengisi daya dan menyambungkan ponsel ke perangkat komputer.

Konektor 30 Pin ini terakhir kali hadir pada iPhone 4S yang diperkenalkan 2011 lalu. Setelah itu, Apple mengganti port tersebut dengan USB Type C pada iPhone 5 hingga sekarang.

3. Bodi Plastik

iPhone, sejatinya tak melulu dibalut dengan lapisan yang premium nan keras. Ada beberapa jenis iPhone yang juga dibuat dengan bahan lapisan plastik.

Halaman:
Sumber Tech Radar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com