Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Luncurkan Asisten Pintar "Breeno" Pesaing Samsung Bixby

Kompas.com - 27/12/2018, 15:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Industri manufaktur tengah gencar mengembangkan teknolongi kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IoT). Salah satu bentuknya adalah asisten digital berbasis AI pada smartphone, misalnya saja Bixby (Samsung), XiaoAi (Xiaomi), dan Siri (Apple).

Oppo menyusul dengan meluncurkan asisten pintar bernama “Breeno”. Hal ini diumumkan Vice President Oppo, Wu Heng dalan ajang Developer Conference tahunan Oppo yang digelar di China.

Menurut Wu Heng, Breeno adalah asisten pintar yang mengintegrasikan persepsi, pengambilan keputusan, serta terus belajar. Filosofinya adalah terbuka, berbagi, dan menciptakan.

Oppo berharap Breeno akan menjadi tulang punggung ekosistem pengembangan IoT Oppo di masa depan. Lantas, apa saja kegunaannya sebagai teman personal pengguna smartphone Oppo?

Baca juga: Siri Tampilkan Gambar Penis saat Ditanya soal Donald Trump

Breeno terdiri dari tujuh modul interaksi intelijen utama. Masing-masing untuk memberikan saran (advice), pengenalan layar (screen recognition), kesadaran (awareness), kecepatan (speed), suara (voice), mengemudi (driving), dan ruang (space).

Mekanisme kerja masing-masing modul saling bersinggungan dan memberikan kecakapan bagi Breeno untuk mempermudah kehidupan pengguna sehari-hari.

Misalnya ketika pengguna sampai di bandara, Breeno akan otomatis menunjukkan informasi gerbang persiapan keberangkatan (boarding gate), informasi penerbangan, serta siapa pihak yang bisa dihubungi untuk informasi selanjutnya.

Wu Heng percaya bahwa era jaringan 5G+ dan integrasi multi-teknologi (AI, AR, dll), akan menciptakan layanan dan perangkat baru. Oppo ingin Breeno siap untuk model bisnis tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (27/12/2018), dari GizChina.

Karenanya, ia mengklaim Breeno akan jadi paltform terbuka di masa depan dengan kemampuan bekerja untuk berbagai merek (multi-brand) dan berbagai medium (multi-terminal).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com