Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 27 Tahun, Game SimCity Versi Nintendo Akhirnya Bisa Diunduh

Kompas.com - 28/12/2018, 11:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Spot

KOMPAS.com - Bulan Januari 1991, purwarupa game SimCity untuk konsol game Nintendo Entertainment System (NES) ditampilkan di salah satu pameran elektronik. Setelah itu tiba-tiba ia lenyap tanpa kabar, tanpa dirilis. Tak seorang pun tahu nasibnya.

Selang 27 takun kemudian, kabar baik tentang game tata kota itu muncul. Berkat Frank Cifaldi, pendiri Video Game History Foundation dan pegiat sejarah video game, SimCity versi Nintendo kini bisa dicoba penggemarnya.

Dalam blog Game History, Cifaldi menceritakan sejarah singkat game ini, mulai dari versi orisinil ciptaan Will Wright tahun 1989 hingga mampir ke konsol Nintendo. 

Nintendo sempat ingin meluncurkan SimCity dalam Super Famicom atau SNES.
Pada awalnya, perancang karakter game Mario dan Zelda, Shigeru Miyamoto, tertarik untuk merancang SimCity.

Lantas, Miyamoto dan para eksekutif Nintendo mengupayakan pertemuan dengan tim Maxis, studio yang menerbitkan game SimCity. Kedua pihak kemudian menyepakati lisensi SimCity di Nintendo.

Baca juga: Cari Inspirasi, Risma Wali Kota Surabaya Main SimCity

Wright pun menghabiskan beberapa pekan dengan Miyamoto di Kyoto, Jepang, untuk menyiapkan peluncuran game jadul ini. SimCity versi NES dipamerkan pada tahun 1991, namun tiba-tiba menghilang tanpa kabar hingga lebih dari dua dekade.

Pada tahun 2017, seorang kolektor membawa dua purwarupa cartridge game SimCity versi NES dan menampilkannya di acara Portland Retro Gaming Expo di AS.

Cifaldi pun membeli salinan digital game tersebut. Setelah membelinya, ia mengembangkan game lawas itu agar lebih baik lagi.

Cifaldi mengatakan bahwa purwarupa game SimCity itu masih menyimpan banyak bug, typo dan beberapa konten yang hilang, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Spot, Jumat (27/12/2018).

Singkat cerita, Cifaldi kemudian mengunggah ROM game SimCity Nintendo tersebut ke blog Game History. ROM game ini bisa dimainkan di komputer dengan menggunakan emulator NES. Untuk mengunduhnya, silakan kunjungi tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Spot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com