Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin Layar Ponsel yang Bisa Jadi Speaker

Kompas.com - 02/01/2019, 07:10 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Raksasa ponsel Korea Selatan, Samsung, disinyalir bakal memboyong panel OLED yang bisa menghasilkan output suara. Fungsinya bakal menggantikan speaker.

Hal tersebut digadang-gadang untuk menciptakan layar ponsel yang benar-benar tanpa bezel dan full screen dengan mengubah fungsi speaker fisik.

Panel Samsung yang bertajuk Sound on Display (SoD) ini katanya bakal dipamerkan di ajang pameran teknologi CES 2019 pada Januari ini.

Sebelumnya, Samsung sudah memperkenalkan teknologi ini Oktober silam, namun belum dipamerkan secara komersil.

Panel OLED SoD yang sempat dikenalkan beberapa bulan lalu itu dimanufaktur oleh Samsung Display, divisi yang terfokus untuk membuat layar.

Dengan kata lain, mungkin saja mekanisme suara dari layar ini bisa diadaptasi di ponsel vendor lain, yang menggunakan panel OLED Samsung, tak terkecuali perangkat TV juga bakal ikutan usung teknologi SoD.

Baca Juga: Samsung Galaxy S10 Versi 5G Hanya Akan Hadir di Dua Negara Ini?

Terkait mekanisme suara, cara kerja SoD ini bisa dibilang cukup sederhana. Komponen SoD yang ditanamkan tepat di bawah layar nantinya akan menghantarkan suara lewat sebuah getaran.

Tak hanya lewat panel saja, getaran ini juga akan dialirkan melalui rangka ponsel, sehingga menimbulkan suara.

Teknologi suara yang tertanam di panel ini juga bukan tergolong baru, dan Samsung bukan merupakan vendor pertama yang mengadopsinya.

Lewat Mi Mix, Xiaomi mengawali tren suara dari layar ini dengan menyematkan speaker tipe piezoelectric, dengan mekanisme kerja yang identik dengan SoD untuk menghantarkan suara ke telinga.

Mengikuti Xiaomi, pabrikan ponsel China, Vivo juga ikutan menggunakan teknologi mirip SoD itu lewat ponsel Vivo Nex S.

Untuk Samsung sendiri, dikutip KompasTekno dari SlashGear, Rabu (2/1/2019), belum diketahui ponsel model apa yang akan disokong teknologi SoD ini. Ada kabar yang menyebut Galaxy S10 bakal dipasangi layar SoD.

Namun, jika dilihat-lihat, Galaxy S10 kemungkinan tak bakal tersemat SoD, sebab teknologi tersebut masih dalam tahap komersialisasi ke publik. Tak disebutkan apakah ada lubang di panel SoD tersebut untuk wadah kamera depan.

Kendati demikian, kabar terkait teknologi SoD dan Galaxy S10 ini masih belum terlalu jelas. Yang pasti, informasi mendetail terkait SoD Samsung dan perangkat lainnya bisa disaksikan di ajang CES 2019 awal Januari ini. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com