Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 10 Akhirnya Kalahkan Popularitas Windows 7

Kompas.com - 03/01/2019, 15:58 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Semenjak pertama kali meluncur pada pertengahan 2015, popularitas Windows 10 tak kunjung mengalahkan pendahulunya, Windows 7.

Namun, di penghujung tahun lalu, pangsa Windows 10 di pasaran sistem operasi akhirnya tercatat melewati Windows 7 untuk pertama kalinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh data NetMarketShare dari firma analisis web Net Applications untuk bulan Desember 2018.

Baca juga: Sejumlah Pengguna Windows 10 Pro Tiba-tiba "Downgrade" ke Versi Home

Pada bulan terakhir di tahun lalu itu, NetMarketShare mencatat Windows 10 memiliki pangsa 39,22 persen di pasaran sistem operasi. Angka ini naik dari 38,14 persen yang tercatat di bulan sebelumnya.

Sementara itu, persentase sang "adik", Windows 7, tercatat mencapai 36,90 persen, turun dari angka 38,89 persen yang terekam di bulan November.

Ilustrasi Grafik Kepopuleran OS 2018NetMarketShare Ilustrasi Grafik Kepopuleran OS 2018
Dengan kata lain, Windows 10 butuh waktu 3,5 tahun untuk bisa mengalahkan sistem operasi Windows 7 meskipun Windows keluaran 2015 tersebut terpasang di beberapa perangkat, bukan hanya PC saja seperti Windows 7.

Seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (3/1/2018), Windows 10 kini terpasang di lebih dari 700 juta perangkat, termasuk PC, tablet, ponsel, dan konsol game Xbox One.

Baca juga: Browser Microsoft Edge Bakal Pakai Mesin Serupa Chrome

Angka tersebut masih kurang dari target 1 miliar perangkat Windows 10 dalam 3 tahun yang sebelumnya sempat ditargetkan Microsoft.

Selain bisa dipasang di berbagai jenis perangkat, adopsi Windows 10 turut didukung oleh tawaran upgrade cuma-cuma dari Windows 7 dan Windows 8.1, meski kini sudah tak berlaku lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com