Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Serial TV yang Paling Sering Dibajak Sepanjang 2018

Kompas.com - 05/01/2019, 12:46 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TorrentFreak, blog seputar dunia torrent, merilis daftar 10 serial TV yang paling sering dibajak lewat platform BitTorrent sepanjang tahun 2018 berdasarkan jumlah unduhan.

Kali ini nama-nama serial yang bercokol dalam daftar terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Urutan teratas tak lagi ditempati Game of Thrones besutan HBO, melainkan The Walking Dead dari AMC.

Game of Thrones bahkan tak masuk dalam daftar 10 besar. Namun, hal tersebut tak mengherankan karena TV series itu memang tak menelurkan satu pun episode baru di 2018.

"Episode-episode The Walking Dead diunduh jutaan kali. Serial ini punya pengikut setia dan telah memasuki season kesembilan," tulis TorrentFreak, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Sabtu (5/1/2019).

Sebelumnya, selama enam tahun berturut-turut, Game of Thrones selalu menjadi serial TV paling sering dibajak. Pada 2017 lalu angka unduhan Game of Thrones bahkan mencapai kisaran 90 juta gara-gara jaringan komputer HBO dibobol hacker.

Kembali ke daftar 10 teratas, setelah The Walking Dead, urutan kedua diduduki oleh serial superhero bikinan pesaing Marvel, DC, yakni The Flash. Lalu di peringkat ketiga ada serial komedi situasi (sitkom) yang umurnya sudah hampir 12 tahun, The Big Bang Theory.

Baca Juga: Torrent Tertua di Dunia Masih Online setelah 15 Tahun

Ada pula serial TV yang tak kalah lawas dari sitkom tersebut, Supernatural, yang masih mejeng di tahun ini setelah season pertama disuguhkan di tahun 2005.

Sementara itu, jika dilihat-lihat dari daftar TorrentFreak, ada 3 serial pendatang yang turut bertengger di 10 besar meski baru tayang perdana di tahun 2018 ini, seperti Titans, Westworld, dan Legends of Tomorrow.

"Ranking" yang dipublikasikan oleh TorrentFreak memang tidak menggambarkan angka pembajakan yang sebenarnya secara keseluruhan. Sebagian penonton film bajakan masa kini pun telah beralih menonton lewat layanan streaming gratis, alih-alih mengunduh dari torrent.

Meski demikian, daftar tersebut tetap bisa menunjukkan serial TV mana saja yang paling banyak dicari oleh pembajak di internet. Selengkapnya sebagai berikut.

1. The Walking Dead (2010)
2. The Flash (2014)
3. The Big Bang Theory (2007)
4. Vikings (2013)
5. Titans (2018)
6. Arrow (2012)
7. Supernatural (2005)
8. Westworld (2018)
9. Legends of Tomorrow (2018)
10. Suits (2011)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com