Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Hasil "Benchmark" Snapdragon 855 Beredar di Internet

Kompas.com - 07/01/2019, 08:14 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina


KOMPAS.com - Akhir 2018 lalu Qualcomm memperkenalkan chip kelas atas terbarunya yakni Snapdragon 855. Belakangan, bocoran hasil benchmark Geekbench dari System-on-chip (SoC) berarsitektur 7nm ini mulai beredar di ranah maya.

Bocoran hasil benchmark tersebut diduga memperlihatkan nilai uji Snapdragon 855. Skornya 3.545 poin untuk pengujian single-core dan 11.150 poin dalam uji multi-core. 

Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 845 sebelumnya yang mencatat skor di kisaran 2.400 poin untuk pengujian single core dan 9.000 poin di multi-core.

Dari tangkapan layar yang beredar, pengujian tersebut dilakukan pada perangkat dengan kapasitas RAM 6 GB dan berjalan pada sistem operasi Android Pie. Namun tidak disebutkan dengan jelas perangkat apa yang digunakan untuk pengujian ini.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Senin (7/1/2019), sebelumnya juga telah beredar hasil pengujian Snapdragon 855 yang diuji lewat aplikasi AnTuTu, termasuk lewat perangkat yang diduga merupakan ponsel Sony Xperia XZ4.

Baca juga: Sony Xperia XZ4 Catatkan Skor AnTuTu Tertinggi

Snapdragon 855 dibuat dengan proses fabrikasi 7nm dan mendukung konektivitas 5G. Snapdragon 855 diklaim memiliki keunggulan dalam hal konektivitas, performa kerja, kecerdasan buatan, dukungan terhadap kamera, dan aspek hiburan.

Dari sisi konektivitas, Snapdragon 855 menjadi chip pertama yang sudah mendukung jalur telekomunikasi 5G. Namun, chip modem yang tertanam di dalamnya adalah Snapdragon X24 berteknologi 4G LTE sehingga harus ditambah chip modem lain (X50) untuk menjalankan 5G.

Dari sisi performa kerja, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 855 menawarkan peningkatan kinerja dan daya tahan baterai lebih lama.

Snapdragon 855 memiliki dari 8 inti (core) CPU 64-bit yang dijanjikan bisa bekerja 45 persen lebih kencang dari generasi sebelumnya. Adapun performa GPU disebut naik hingga 20 persen dibanding prosesor grafis milik Snapdragon 845.

Baca juga: Snapdragon 855 dengan Teknologi 5G, Bisa Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com