Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OS Masa Depan "Fuchsia" dari Google Bisa Jalankan Aplikasi Android?

Kompas.com - 07/01/2019, 09:31 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Lama tak terdengar, kabar tentang Fuchsia OS, proyek sistem operasi eksperimental Google untuk perangkat mobile, kembali muncul ke permukaan.

Kali ini, sebuah file "Readme" di situs developer Google menjelaskan bahwa aplikasi Android bakal bisa dibuka dan dijalankan di perangkat berbasis Fuchsia OS.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View itu disinyalir bakal mengembangkan ART (Android Runtime) yang dirancang khusus untuk menjalankan aplikasi Android di sistem Fuchsia.

ART sejatinya merupakan suatu perangkat lunak untuk para pengembang guna membuat aplikasi bikinannya berjalan di perangkat berbasis Android.

Baca Juga: Fuchsia Bakal Menggantikan Android, Ini Jawaban Google

Nantinya, pengguna yang memiliki perangkat Fuchsia OS, seperti ponsel, laptop, dan perangkat pintar lain, diprediksi akan bisa menginstal aplikasi Android berkat ART tersebut.

Belum jelas bagaimana aplikasi Android tersebut bakal berjalan di perangkat berbasis Fuchsia OS, apakah melalui emulator, virtual machine, atau interface lain.

Namun, kompatibilitas aplikasi Android yang bisa dijalankan di Fuchsia OS seharusnya bakal mempermudah proses transisi dari Android ke sistem operasi mendatang tersebut.

Meski begitu, Fuchsia OS sendiri nasibnya masih menggantung dan tidak diketahui secara pasti kapan calon penerus Android ini bakal dikomersilkan.

Dirangkum dari KompasTekno dari 9to5Google, Senin (7/1/2018), Fuchsia OS sempat disebut sebagai OS percobaan proyek open-source Google dan belum jelas nasibnya lantaran belum ada timeline penyelesaian.

Bahkan ada juga dugaan bahwa proyek Fuchsia hanyalah proyek "mainan" para pegawai senior Google agar mereka tetap sibuk dan tidak berpindah ke perusahaan kompetitor.

Baca Juga: Sistem Operasi Penerus Android, Sungguhan atau Cuma "Mainan"?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com