Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Siapkan Laptop 15 Inci Pertama Berlayar AMOLED

Kompas.com - 08/01/2019, 10:35 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Produsen perangkat komputer Hewlett Packard (HP) bakal merilis versi teranyar dari laptop Spectre x360 pada Maret 2019 mendatang.

Keunggulan laptop tersebut terletak pada layar, diumbar sebagai yang pertama mengusung layar AMOLED berukuran 15 inci.

Disertai dukungan HDR, HP Spectre x360 15 dikatakan memiliki spektrum warna 33 persen lebih banyak ketimbang sRGB yang selama ini menjadi standar.

Diketahui, layar AMOLED masih kurang populer digunakan untuk laptop. Sejauh ini baru Alienware 13 dan Samsung Galaxy TabPro S 12 inci yang berani mematrikan jenis layar tersebut.

Pasalnya, laptop dengan layar AMOLED menuntut harga yang lebih mahal dibandingkan layar LCD biasa. Kecenderungan layar burn-in dan usia yang lebih pendek juga menjadi penyebab AMOLED kurang digunakan

Kendati begitu, warna yang dihasilkan layar AMOLED lebih tajam dan kaya. Penggunaan baterainya pun jauh lebih hemat ketimbang layar LCD.

Spectre x360 15 termutakhir diklaim mampu bertahan hingga 17,5 jam untuk pemakaian normal, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (8/1/2019), dari Engadget.

Dari segi desain, Spectre x360 termutakhir masih mempertahankan kemampuan bukaan 360 derajat, di mana pengguna bisa sekaligus memanfaatkannya sebagai tablet.

Bedanya, Spectre x360 edisi baru bakal menyematkan bezel yang lebih tipis. Sistem dua bilik (dual-chamfered) pun diberlakukan untuk memudahkan pengguna membuka laptop.

Performanya disokong generasi terbari dari CPU Intel Core i7. Grafisnya bisa dipilih antara Nvidia atau AMD. Untuk detil spesifikasi lainnya, HP masih irit bicara. Harga dan tanggal pasti perilisan laptop pun belum diketahui. Kita tunggu saja dua bulan lagi!

Baca juga: LG Perkenalkan Laptop 17 Inci Teringan di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com