Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZTE Bersiap Rilis Ponsel 5G di Pertengahan 2019

Kompas.com - 10/01/2019, 11:24 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - ZTE menambah panjang daftar vendor ponsel yang berencana menelurkan produk dengan dukungan jaringan seluler generasi ke-5 alias 5G.

Pekan ini, pabrikan asal China tersebut kembali memastikan smartphone 5G buatannya akan hadir pada 2019.

Belum ada jadwal pasti, namun ZTE menargetkan peluncuran pada paruh pertama 2019 sehingga diharapkan bisa mendongkrak penjualan di paruh kedua. 

Dengan kata lain, ponsel 5G ZTE akan hadir di pasaran selambat-lambatnya pada pertengahan 2019 nanti. 

Smartphone 5G ZTE disinyalir merupakan model flagship anggota lini produk Axon besutannya. Kemungkinan ia adalah lanjutan dari ponsel Axon 9 Pro yang diumumkan pada pameran IFA 2018 pertengahan tahun lalu.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (10/1/2019), ZTE mengklaim telah selesai melakukan serangkaian pengujian terkait fungsi 5G pada ponsel, termasuk panggilan suara, browsing, dan pengiriman pesan instan.

ZTE awalnya berencana meluncurkan ponsel 5G pada awal 2019. Namun, dengan adanya pengumuman baru ini, jadwal tersebut molor beberapa bulan dari semula.

Baca Juga: ZTE Luncurkan Smartphone 5G Awal 2019

Dibandingkan sub-brand besutannya, Nubia, ZTE bisa dibilang tak terlalu aktif menelurkan produk baru pada 2018. 

Hal tersebut mungkin berkaitan dengan sanksi dari pemerintah AS yang memblokir penjualan produk-produk ZTE -termasuk perangkat infrastruktur jaringan dan ponsel- di negerinya pada awal 2018, terkait tuduhan menjual teknologi ke Iran dan Korea Utara. 

Pemblokiran AS kemudian dicabut setelah ZTE membayar denda senilai 1,4 miliar dollar AS dan merombak jajaran pimpinannya. 

Baca juga: ZTE Ganti CEO Demi AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com