Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh AS-China Bikin Bisnis PC Menurun, Ini Daftar 6 Besarnya

Kompas.com - 14/01/2019, 08:40 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah tujuh tahun berturut-turut pasar PC global lesu. Menurut hasil riset dari Gartner dan IDC, kondisi tersebut masih berlanjut sepanjang 2018 lalu. HP dan Lenovo bersaing ketat sebagai pemimpin pasar PC dunia, di tengah kelesuan tersebut.

Salah satu dalihnya adalah kekisruhan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Alasan itu juga dipakai oleh analis industri smartphone untuk menjelaskan penurunan penjualan 2018.

“Kisruh Amerika Serikat dan China yang masih berlanjut menciptakan iklim bisnis yang tak pasti di China,” kata Research Manager IDC, Maciek Gornicki.

“Permintaan produk China di Amerika Serikat menurun, sehingga berdampak pada semua skala bisnis dari sektor manufaktur di China,” ia menambahkan.

Jika perang dagang ini tak juga selesai, kondisi pasar PC dikhawatirkan semakin terpuruk di tahun-tahun berikutnya. Terlebih jika fluktuasi nilai tukar menjadi tak stabil di negara-negara lain.

Baca juga: Daftar 6 Besar Vendor PC 2017 di Pasar Global

Kendati sama-sama sepakat bahwa pasar PC global masih lesu, data detil yang dipaparkan Gartner dan IDC lumayan berbeda.

Laporan Gartner 2018 untuk pasar PC.Gartner Laporan Gartner 2018 untuk pasar PC.

Gartner mencatat penjualan PC sebanyak 259,4 juta unit sepanjang 2018, atau turun 1,3 persen dari tahun ke tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (14/1/2019), dari VentureBeat.

Laporan IDC 2018 untuk pasar PCIDC Laporan IDC 2018 untuk pasar PC

Sementara itu, IDC mengklaim hanya 258,5 juta unit PC yang terjual 12 bulan belakangan. Penurunannya lebih kecil, yakni 0,4 persen.

Menurut Gartner, enam pabrikan terbesar secara berturut-turut adalah Lenovo (58,5 juta unit), HP (56,3 juta unit), Dell (42 juta unit), Apple (18 juta unit), Acer (15,7 juta unit), serta Asus (15,5 juta unit).

Berbeda dengan IDC yang menobatkan HP di posisi wahid dengan 60 juta unit PC yang terjual. Berikutnya secara berurutan adalah Lenovo (59,9 juta unit), Dell (44,1 juta unit), Apple (18 juta unit), serta Acer (17,8 juta unit).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com