Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton Video YouTube Bakal seperti Instagram Stories

Kompas.com - 16/01/2019, 11:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube akan merombak cara navigasi video untuk versi mobile. Platform berbagi video itu akan mengubah cara menonton video rekomendasi, dari semula menggulir ke bawah (vertikal) menjadi geser (swipe) ke samping (horisontal).

Gestur ini mirip dengan cara melihat Instgaram Story. Pembaruan ini rencanaya akan bergulir mulai minggu ini di perangkat iOS. YouTube masih belum memberikan keterangan kapan fitur yang sama akan datang di perangkat Android.

Jika sudah tiba, pengguna bisa menggeser ke kiri untuk menemukan rekomendasi video lain. Sementara menggesernya ke kanan, akan mengembalikan pengguna ke video terakhir yang ditonton.

Menurut YouTube, perombakan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan penggunanya dalam menonton video atau memutar kembali video yang terakhir diputar melalui perangkat mobile.

Penonton YouTube mobile saat ini disebut mencapai 70 persen. Sebab itulah, beberapa waktu terakhir YouTube memperkaya fitur untuk platform mobile.

Beberapa di antaranya sebagaimana dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (16/1/2019), adalah fitur "Stories" yang ditujukan bagi para kreator. Ada pula fitur screen-time control untuk membantu pengguna mengatur jam menonton YouTube.

YouTube juga menambahkan mode gelap di versi mobile dan video autoplay di beranda saat tersambung dengan WiFi. Tahun 2017 lalu, YouTube juga memperkenalkan fitur pesan untuk memudahkan para penggunaya mengobrol di dalam aplikasi.

Baca juga: Pahami Algoritma YouTube, Kunci Jadi YouTuber Sukses

Tak hanya itu, YouTube juga memperkenalkan fitur "double tap" (ketuk dua kali) untuk melompat ke 10 detik berikutnya.

Fitur navigasi horisontal kemungkinan akan membuat pengguna lebih lama membuka aplikasi YouTube. Alhasil, engagement konten video akan meningkat yang ujung-ujungnya akan berpengaruh pada monetisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com