Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earphone iPhone Ternyata Bisa untuk Menguping Percakapan

Kompas.com - 16/01/2019, 16:36 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PocketNow

KOMPAS.com - Earphone nirkabel buatan Apple, AirPods ternyata dapat digunakan untuk menguping pembicaraan orang lain dari jarak jauh. Kemampuan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur Live Listen yang hadir pada iOS 12.

Pengguna Twitter bernama Arnold adalah orang yang pertama kali mengungkapkan kemampuan ini kepada pengguna.

Lewat akun Twitter @arnoldcrndo, ia menjelaskan bagaimana cara agar pengguna bisa menguping pembicaraan orang lain dengan bermodalkan AirPods dan sebuah iPhone.

Caranya mudah. Pengguna cukup menyalakan fitur "Live Listen" pada iPhone ketika AirPods telah terhubung. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendengarkan semua suara yang terekam pada iPhone lewat koneksi Bluetooth.

"Jika Anda memiliki sebuah AirPods, Anda bisa menekan tombol 'Live Listen' ke indikator 'On' dan Anda bisa meninggalkan ponsel milik Anda di sekitar orang lain dan Anda akan dapat mendengarkan apa saja yang mereka bicarakan," tulisnya.

"Itu juga dapat bekerja sebagai 'walky talky' jika Anda menyalakannya (fitur Live Listen) dan memberi orang lain sebuah AirPods lainnya," lanjutnya.

Kicauan Arnold ini mendapat beragam respon dari pengguna Twitter lainnya. Tak sedikit mereka yang berterimakasih dan tak sedikit pula yang berkata bahwa fitur ini berpotensi untuk disalahgunakan dan melanggar privasi orang lain.

Baca juga: Earphone dengan “Google Assistant” Bisa Menerjemahkan Lawan Bicara

Dikutip KompasTekno dari Pocketnow, Rabu (16/1/2019), fitur "Live Listen" sendiri pertama kali digelontorkan pada iOS 12 lewat pembaruan beberapa bulan lalu.

Fitur ini sejatinya dibuat agar pengguna bisa mendengar suara yang lebih jelas ketika digunakan dalam suasana bising.

Bagi Anda yang ingin mencoba "menguping" pembicaraan orang lewat fitur ini, Anda bisa menyalakan mode "Live Listen" pada pilihan "Hearing" pada menu "Customize Controls".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PocketNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com