Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pamer Kamera Ponsel "Periskop" dengan Zoom Optik 10x

Kompas.com - 17/01/2019, 17:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Setelah sempat memamerkan teknologi "kamera periskop" dengan tingkat zoom optik 5x di MWC 2017 lalu, pekan ini Oppo mengumumkan pembaruan dari teknologi tersebut hingga bisa mencapai zoom optik 10x.

Teknologi tersebut dipamerkan Oppo dalam sebuah acara di Beijing, Rabu (16/1/2019). Teknologi "kamera periskop" yang dipamerkan Oppo ini disebut memiliki jangkauan fokal lensa 15,9 -159 mm.

Dengan kata lain, satu lensa bisa mencakup kemampuan ultra-wide angle hingga telephoto dengan kemampuan zoom optik 10x.

Namun, lensa periskop Oppo, ketika dizoom, tidak akan memanjang ke depan sebagaimana lensa yang ada di kamera pada umumnya. 

Lensa itu akan memanjang secara horizontal, yang artinya tak akan memakan ruang ponsel, dilengkapi dengan kaca untuk merefleksikan gambar dari lensa, layaknya sebuah periskop di kapal selam. 

Dengan demikian, ketiga fungsi lensa yang digabungkan itu disebut bisa menghasilkan transisi yang mulus dari 1x hingga 10x zoom dengan gambar yang tajam, didukung dengan fitur dual Optical Image Stabilization (OIS).

Baca juga: Oppo Resmikan Teknologi Kamera Ponsel Zoom 5x

Terkait ketersediaan kamera ini, Oppo menyebut teknologi 10x hybrid optical zoom ini sudah dalam tahap komersialisasi, yang artinya siap diproduksi secara masal.

Meski begitu, belum diketahui secara pasti ponsel apa yang akan mendukung fitur demikian mengingat 5x optical zoom yang sebelumnya dipamerkan di MWC 2017 saja belum tersedia di ponsel Oppo hingga sekarang.

Namun, Oppo disebut bakal memamerkan teknologi ini lagi di MWC 2019. Ponsel apa yang akan didukung? Kita tunggu saja kabarnya nanti.

Phase 3

Selain 10x hybrid optical zoom, Oppo juga memamerkan teknologi yang disebut Phase 3, yakni teknologi pemindai sidik jari di dalam layar.

Namun, sensor tersebut bukan terletak di bagian tengah bawah layar seperti in-display fingerprint scanner pada umumnya. Melainkan, pengguna bisa memindai sidik jari mereka di permukaan layar manapun.

Teknologi ini bisa tercipta karena "sensing area" untuk pemindai sidik jari diperluas hingga 15x dari biasanya, dan ponsel juga bisa mendeteksi dua sidik jari secara sekaligus.

Kendati demikian, fitur ini juga belum pasti ada di ponsel keluaran Oppo berikutnya.

Namun, teknologi ini juga tak akan muncul secara eksklusif di ponsel Oppo mengingat Xiaomi disinyalir tengah menyiapkan teknologi ini di ponselnya nanti, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (17/1/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com