Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, XL Axiata Bakal Perkuat 4G di Sumatera

Kompas.com - 17/01/2019, 18:43 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata (XL) mengatakan bahwa wilayah Sumatera dan kepulauan di sekitarnya mengalami pertumbuhan paling pesat di luar Jawa. Oleh karenanya, XL menyatakan niatnya untuk semakin serius memperluas jaringan data di pulau paling barat nusantara ini.

Menurut Group Head West Region XL Axiata, Francky Rinaldo Pakpahan, terjadi lonjakan trafik yang signifikan selama libur Natal dan Tahun Baru. Lonjakan ini menjadi bukti bahwa kebutuhan pelanggan XL Axiata di wilayah tersebut semakin besar.

"Peningkatan permintaan pelanggan dan masyarakat Sumatera atas layanan XL Axiata bisa dibilang cukup tinggi. Ini terjadi hampir merata di semua provinsi," ungkap Francky.

Hingga saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di wilayah Sumatera tercatat sekitar 16 persen dari total pelanggan secara keseluruhan.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 persennya merupakan pelanggan data. Sejalan dengan pertumbuhan jumlah pelanggan data, XL mengklaim trafik penggunaan layanan data juga meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Karena itu, kami juga tidak ragu untuk terus membangun jaringan data 4G LTE di hampir semua provinsi di Sumatera. Pembangunan tersebut akan terus berlanjut di tahun 2019 ini," lanjutnya.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (17/1/2019), ada beberapa propinsi di wilayah Sumatera yang penggunaan layanan datanya terus mengalami peningkatan yang signifikan yakni Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Lampung.

Sementara itu jika dibagi berdasarkan wilayah kota dan kabupaten, penggunaan layanan data tertinggi terdapat di di kota Medan, Deli Serdang, Pekanbaru, Batam, dan Bandar Lampung.

Francky menuturkan meski masih akan memprioritaskan area dengan permintaan tinggi, pihaknya akan tetap membangun jaringan 4G LTE di wilayah yang belum tinggi permintaannya.

Hingga akhir Oktober 2018, tercatat ada lebih dari 5.500 BTS 4G di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Selama 9 bulan di tahun 2018, XL Axiata setidaknya telah membangun sekitar 2.300 BTS 4G di seluruh Sumatera.

Jumlah tersebut merupakan 22 persen dari total BTS 4G yang dibangun XL Axiata di seluruh Indonesia.

Provinsi dengan jumlah BTS 4G terbanyak adalah Sumatera Utara dengan sekitar 1.400 BTS 4G. Selanjutnya Lampung dengan hampir 800 BTS 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com