Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimbang Ponsel Lipat, Honor Pilih Layar Tanpa Poni

Kompas.com - 27/01/2019, 13:51 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com — Ponsel dengan layar lipat belakangan menjadi salah satu tren baru yang mengemuka di kalangan pabrikan smartphone. Mulai dari Samsung, Huawei, Oppo, Xiaomi, hingga si pendatang baru Royole mengembangkan produk jenis tersebut.

Meski demikian, ternyata tidak semua pabrikan ingin membuat ponsel layar lipat, misalnya saja Honor. Alasan tersebut diutarakan Presiden Honor George Zhao dalam sebuah wawancara.

Ketimbang ponsel lipat, untuk jangka pendek, Zhao mengatakan, Honor bakal lebih fokus pada teknologi layar berlubang (hole-puch) untuk mengenyahkan “poni” alias notch yang dianggap mengganggu dari layar smartphone.

Baca juga: Honor View 20 Dikenalkan, Ponsel "Layar Bolong" Pesaing Galaxy A8s

“Ke depan, bakal lebih sedikit smartphone Honor yang berponi. Kami akan menerapkan solusi terbaik,” ujar Zhao.

Dari sudut pandang teknologi, menurut Zhao, ponsel layar lipat memang menarik. Namun, dia menilai konsumen belum memerlukan perangkat macam demikian, setidaknya untuk saat ini.

“Memangnya apa pengalaman yang bisa ditawarkan (ponsel lipat) ke pengguna?” kata Zhao.

“Kami sangat mempertimbangkan ponsel layar lipat, tapi buat kami pengalaman pengguna adalah yang terpenting,” imbuh dia.

Sikap Honor ini bertolak belakang dibanding “saudaranya”, Huawei, yang telah mengumumkan bakal meluncurkan ponsel lipat berkemampuan 5G pada ajang MWC 2019 di Barcelona, Spanyol, Februari mendatang.

Baca juga: Huawei Bakal Pamer Ponsel Layar Lipat 5G di MWC

Padahal, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Minggu (27/1/2019), Honor dan Huawei memiliki fasilitas riset dan pengembangan yang sama.

Keduanya pun sama-sama menggunakan System-on-Chip Kirin untuk ponsel. Namun, untuk urusan ponsel lipat, Honor dan Huawei agaknya belum sependapat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com