Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google+ Mulai Ditutup 2 April 2019

Kompas.com - 31/01/2019, 10:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Phonedog

KOMPAS.com - Google dikabarkan akan mempercepat penutupan layanan Google+ pada bulan April. Tepatnya, layanan jejaring sosial besutan Google itu akan pensiun pada 2 April 2019 mendatang.

Pada tanggal tersebut, Google akan mulai menutup seluruh akun Google+ dan beberapa halaman yang dibuat oleh pengguna.

Kemudian, seluruh konten yang pernah diunggah ke jejaring sosial tersebut akan dihapus, termasuk foto dan video yang diarsipkan dan berada di halaman Google+.

Sebagai langkah awal penutupan, mulai 4 Februari, Google akan menyetop pembuatan akun baru, halaman baru, komunitas, dan acara di Google+.

Nantinya, ikon tombol yang digunakan untuk masuk (sign-in) baik di situs maupun melalui aplikasi mobile tidak akan berfungsi.

Baca juga: Penutupan Google+ Dipercepat Jadi April 2019

Tapi kemungkinan, pengguna masih bisa masuk melalui tombol sign-in Google menggunakan akun Google. Jika pengguna ingin menyelamatkan semua unggahannya sebelum dihapus pihak Google, bisa melakukannya dengan mengakses laman Download Data ini.

Gara-gara bug

Google mulai menutup layanan Google+ setelah ditemukan adanya celah keamanan (bug) yang diungkap akhir 2018 lalu. Pada awalnya, bug dilaporkan mengekspos 500.000 data pribadi pengguna.

Tapi, setelah Google mencoba menambal celah tersebut, bug baru muncul pada antarmuka program aplikasi (API) dan berpotensi membahayakan keamanan 52,5 juta data pengguna. Celah keamanan tersebut telah terjadi selama tahun 2015 hingga 2018.

Selain itu, Google+ juga kalah bersaing dengan jejaring sosial lainnya yang lebih banyak didominasi Facebook.

Baca juga: Google+ Ditutup setelah Ketahuan Bocorkan Data Pengguna

Diungkapkan Google, sebagaimana KompasTeno rangkum dari Phone Dog, Rabu (31/1/2019), adopsi Google+ tak begitu memuaskan, di mana hanya 90 persen konsumsi layanan hanya berlangsung kurang dari lima detik.

Dengan segala pertimbangan tersebut, Google awalnya ingin menutup Google+ pada bulan Agustus 2019. Namun rencana itu dipercepat ke bulan April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Phonedog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com