Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rombak Tampilan Aplikasi Gmail Jadi Serba Putih

Kompas.com - 01/02/2019, 07:48 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Google merombak desain Gmail versi web menjadi desain material ala Google dengan nuansa putih. Kali ini, giliran aplikasi Gmail di Adnroid dan iOS mendapat sentuhan serupa.

Desain material ini diterapkan Google ke aplikasi Gmail untuk membuat aplikasi G-Suite, seperti Gmail, Drive, Calendar, dan Google Docs, seirama dalam segi desain dan warna.

Dengan desain yang dirombak, tampilan utama aplikasi Gmail nantinya bakal terlihat bersih dan sederhana dengan nuansa serba putih, sebagaimana tampak pada gambar di bawah.

Baca juga: Resmi, Gmail Hadir dengan Wajah Baru yang Lebih Berwarna

"Update ini adalah bagian dari upaya membuat layanan-layanan G-Suite agar terlihat dan berfungsi selayaknya produk dalam satu keluarga, dirancang dengan tema Google Material yang mengutamakan kemudahan pemakaian," sebut Google dalam sebuah pengumuman.


 Ilustrasi Tampilan dan Fitur Gmail BaruGoogle Blog Ilustrasi Tampilan dan Fitur Gmail Baru

Tampilan baru, fungsi baru

Bukan hanya penampilan yang dirombak, aplikasi Gmail mobile pun mendapat sejumlah fungsi baru.

Misalnya, di bagian atas tampak satu kolom putih yang berfungsi sebagai search bar untuk mencari e-mail di akun Gmail pengguna.

Search bar tersebut juga dilengkapi dengan menu bergambar "tiga garis menumpuk" pada sisi kiri dan avatar pengguna yang tampil pada sisi kanan. Avatar tersebut bisa diklik untuk memudahkan pengguna mengganti akun e-mail.

Sebelum dirombak, search bar ini merupakan tempat untuk menampilkan judul menu yang sedang pengguna kunjungi, seperti "All Inboxes", dengan nuansa merah.

Di bagian bawah alat pencari ini, ada tiga kategori e-mail yakni Social, Promotions, dan Forums. Di desain sebelumnya, ketiga kategori tersebut dapat ditemukan di menu Gmail yang bisa diakses dengan melakukan swipe ke sebelah kanan di aplikasi Gmail.

Baca juga: 733 Juta "E-mail" Dibobol, Ini yang Harus Anda Lakukan Jika Terdampak

Di bawahnya lagi, ada isi inbox guna menampilkan e-mail yang pengguna terima yang tampak diurutkan secara kronologis.

Seluruh tampilan dan kategori ini semuanya memiliki latar warna putih, kecuali avatar kontak, label, dan latar lampiran berkas. 

Selain warna, Google juga mendatangkan beberapa fitur baru, seperti kemudahan melihat lampiran lewat pratinjau e-mail pada halaman utama Gmail tanpa harus membuka isi dari e-mail tersebut.

Ada pula fitur yang mengingatkan pengguna jika ada e-mail berbahaya masuk ke dalam inbox. Fitur peringatan ini bakal berwarna merah sehingga pengguna diharapkan tidak melewatkan peringatan e-mail yang berbahaya ini.

Tampilan baru aplikasi Gmail ini akan digulirkan secara bertahap untuk semua pengguna di platform Android dan iOS dalam beberapa pekan ke depan. sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (31/1/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com