Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pabrikan Ponsel yang Paling Rajin Menyalurkan "Update" Android

Kompas.com - 06/02/2019, 06:55 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber AOSMark

KOMPAS.com - Google rutin memperbarui sistem operasi Android setiap tahun, biasanya di bulan Agustus. Akan tetapi, pembaruan baru bisa dinikmati pengguna ponsel Android berbulan-bulan setelahnya.

Penundaan seperti ini disebabkan beberapa faktor. Salah satunya proses panjang dalam mencocokkan software antarmuka pada model ponsel tertentu dengan sistem operasi Android terbaru.

Situs AOSMark secara khusus mengurutkan pabrikan smartphone Android dalam hal pembaruan sistem operasi pada produk mereka. Nilainya dihitung dari rata-rata jumlah update yang disalurkan untuk ponsel masing-masing.

"Rentang skor biasanya 0 hingga 6. Lebih tinggi lebih baik karena itu berarti perangkat dari pabrikan bersangkutan mendapat support lebih lama," tulis AOSMark di situsnya.

Di urutan pertama tentu saja Google adalah pabrikan Android yang paling sering menyalurkan update, sebab lini Pixel buatannya mematrikan Android murni. Tak perlu ada penyesuaian lagi untuk menyediakan pembaruan sistem operasi.

Baca juga: Ini Jadwal Update Android Pie untuk Ponsel-ponsel Nokia

Selanjutnya, di jejeran lima besar (Top 5) pabrikan paling rajin merilis update, secara berurutan ada OnePlus, Nokia, General Mobile, dan Sony, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/2/2019), dari PhoneArena.

Samsung yang selama ini kerap dikeluhkan karena dinilai lambat menyediakan pembaruan, sejatinya berada di urutan keenam. Jika dilihat rekam jejaknya, biasanya sistem operasi Android baru tersedia di lini flagship Samsung sekitar Februari atau Maret.

Akan tetapi, untuk tahun ini, Galaxy S9 dan Note 9 di Amerika Serikat sudah bisa diperbarui ke Android Pie 9.0 pada Januari 2019. Ini menunjukkan upaya Samsung untuk lebih cepat dan tanggap dalam menyediakan pembaruan.

Baca juga: OS Masa Depan "Fuchsia" Dari Google Bisa Jalankan Aplikasi Android?

Bukan cuma pabrikannya, secara spesifik AOSMark juga menampilkan 20 besar (Top 20) model smartphone yang paling sering mendapat pembaruan OS. Di urutan pertama ada HTC One Google Play edition yang sudah 5 kali diperbarui sejak dirilis pada 2013 lalu.

Untuk selengkapnya, silakan tengok tabel berikut ini.

Urutan pabrikan dan jenis smartphone yang paling baik hingga buruk dalam menyediakan pembaruan sistem operasi Android.AOSMark Urutan pabrikan dan jenis smartphone yang paling baik hingga buruk dalam menyediakan pembaruan sistem operasi Android.

Perlu dicatat, urutan pabrikan dan ponsel terbaik dari segi pembaruan OS diperbarui oleh AOSMark setiap dua pekan. Data di atas adalah yang teranyar, yakni keluaran 3 Februari 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AOSMark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com