Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Messenger Sudah Bisa Hapus Pesan Terkirim, Begini Caranya

Kompas.com - 06/02/2019, 11:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat Facebook Messenger akhirnya menyediakan fitur untuk menghapus pesan terkirim (unsend). Tak perlu lagi khawatir jika salah kirim atau salah ketik pesan ke teman.

Pengguna diberi tenggat waktu 10 menit untuk menghapus pesan pasca terkirim ke ruang chat personal atau grup. Akan tetapi, pesan yang terhapus bakal meninggalkan jejak berupa pemberitahuan.

Lawan chatting di Facebook Messenger akan tahu ada pesan yang terhapus, meski belum sempat membaca isinya. Mekanisme ini sama seperti yang ditemui pada WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp, Instagram, dan Messenger akan Disatukan

WhatsApp merilis fitur unsend pada akhir 2017 lalu. Mulanya dibatasi 7 menit pasca pesan terkirim, kini pesan lama pun bisa dihapus agar tak dilihat-lihat lagi oleh sang pengirim dan penerima.

Belum jelas apakah nantinya Facebook Messenger akan mengikuti langkah WhatsApp atau tetap setia pada tenggat 10 menit.

Cara hapus pesan

Lantas, bagaimana caranya memanfaatkan fitur unsend di Facebook Messenger?

Pertama, buka ruang chatting. Lalu pilih pesan terkirim yang hendak dihapus. Anda akan melihat dua opsi, yakni “remove for everyone” (hapus untuk semua pihak) dan “remove for you” (hapus untuk Anda saja).

Opsi pertama untuk menghapus pesan seutuhnya agar tak terlihat oleh penerima dan Anda sebagai pengirim pesan.

Sementara itu, opsi kedua hanya berdampak pada pengirim pesan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/2/2019), dari situs resmi Facebook Messenger.

Baca juga: Gara-gara "Bug", Pesan Lama Bermunculan di Facebook Messenger

Artinya, Anda perlu menekan opsi pertama untuk menarik pesan dari hadapan teman chatting. Facebook Messenger bakal menanyakan kembali apakah Anda yakin dengan keputusan tersebut.

Klik “remove” (hapus), lantas pesan yang Anda pilih tak bakal diketahui isinya oleh sang penerima. Kecuali, tentu saja, jika penerima terlanjur melihat pesan dalam kurun waktu 10 menit sebelum Anda menghapusnya.

Fitur ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna Facebook Messenger versi Android maupun iOS. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com