Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bug" di Instagram Bikin Pengguna Kehilangan Jutaan Follower

Kompas.com - 14/02/2019, 13:04 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Geek.com

KOMPAS.com - Sejumlah akun Instagram pesohor dunia mendadak kehilangan followers (pengikut) dalam jumlah besar. Kejadian tersebut dialamai akun Instagram Ariana Grande yang memiliki followers terbesar ketiga di dunia.

Jumlah followers penyanyi pop tersebut berkurang cukup signifikan, dari semula 145 juta menjadi 142 juta. Hal yang sama menimpa akun Instagram Kylie Jenner, Selena Gomez, dan beberapa selebgram Indonesia, salah satunya Ria Ricis.

Ternyata, lenyapnya jumlah followers Instagram juga terjadi ke pengguna lainnya. Instagram mengakui adanya bug yang menyebabkan masalah ini terjadi secara global.

Bug tersebut muncul setelah Instagram memasang machine learning untuk menyisir akun bot alias akun palsu yang kerap mengirim spam.

Baca juga: Begini Cara Posting Stories dan Foto Instagram dari Komputer

Namun followers yang hilang mendadak dalam jumlah besar, diyakini Instagram bukan sebagai salah satu hasil kinerja machine learning tersebut. Dilansir KompasTekno dari Geek, Kamis (14/2/2019), Instagram mengatakan akan menginvestigasi bug ini lebih lanjut.

Melalui Twitter resminya, Instagram menyebut masalah ini akan teratasi pukul 9 pagi PST atau sekitar pukul 00.00 WIB.

"Kami mengerti masalah ini membuat frustasi, tim kami sedang bekerja keras untuk membuatnya normal kembali," tulis Instagram.

Bulan November lalu, Instagram memamg mewacanakan akan bersih-bersih akun palsu.
Akun-akun tersebut banyak diresahkan karen kerap mengirim pesan spam, like , komentar, dan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menambah jumlah followers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com