Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Fitur "Chatting" Lewat PC

Kompas.com - 15/02/2019, 06:57 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram tengah menguji coba fitur Direct Message (DM) untuk versi desktop dari situsnya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk chatting secara langsung lewat laman Instagram.com dengan memakai komputer (PC).

Kabar uji coba Instagram ini ditemukan oleh periset aplikasi, Jane Manchun Wong, yang menyertakan beberapa screenshot terkait fitur tersebut.

Tampak pada screenshot yang dibagikan oleh Jane, ikon "pesawat kertas" yang melambangkan fitur DM Instagram muncul di antarmuka situs desktop Instagram, tepat di sebelah kiri ikon "kompas" untuk fitur Discovery.

Baca juga: Begini Cara Posting Stories dan Foto Instagram dari Komputer

Selain versi desktop (PC), Jane juga mencoba membuka Instagram lewat peramban mobile. Ia kembali menemukan ikon DM tersebut yang terletak pada ujung kanan antarmuka situs, serupa dengan tampilan aplikasi mobile.

Jika fitur ini diluncurkan Instagram di kemudian hari, maka pengguna bakal semakin leluasa untuk mengirim pesan teks lewat fitur DM, baik dari ponsel maupun PC, layaknya WhatsApp Web atau Messenger di situs Facebook. 

Sebagai informasi, saat ini fitur chatting (DM) Instagram sendiri terbatas hanya bisa dilakukan di aplikasi Instagram pada smartphone dan tablet.

Baca juga: Instagram Bisa Posting Foto dan Video ke Banyak Akun Sekaligus, Begini Caranya

Sementara fitur lainnya, seperti pengunggahan foto dan "Stories", hanya bisa dilakukan di aplikasi Instagram dan web Instagram versi mobile.

Meski begitu, belum diketahui kapan Instagram bakal resmi menerapkan fitur DM pada situs desktop miliknya.

Pihak Instagram hanya menyatakan fitur chatting via PC itu belum diuji coba secara umum, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (14/2/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com