Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lembaran Dokumen Ungkap Spesifikasi Lengkap Tiga Versi Galaxy S10

Kompas.com - 16/02/2019, 11:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peluncuran trio Galaxy S10 tinggal menghitung hari. Smartphone andalan Samsung tersebut dijadwalkan rilis tanggal 20 Februari di San Francisco dalam acara bertajuk "Galaxy Unpacked".

Menjelang hari-H peluncuran, bocoran spesifikasi maupun wujud Galaxy S10 semakin banyak beredar. Salah satu bocoran terbaru menyangkut spesifikasi hardware ketiga versi ponsel tersebut.

Bocoran itu berasal dari foto lembaran dokumen yang beredar di internet. Tak tanggung-tanggung, dokumen mengungkap spesifikasi Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus.

Baca juga: Resmi, Varian Paling Mura Galaxy S10 Bernama Galaxy S10e

Secara umum, spesifikasinya hampir sama dengan rumor-rumor yang beredar di internet sebelumnya. Misalnya tentang desain layar "Inifinity-O" yang diadopsi Samsung untuk ketiga ponsel. Desain ini mematrikan lubang kamera yang terletak di sudut kanan atau kiri layar.

Kemudian, ada fitur pemindai sidik jari dalam layar di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus, sementara Galaxy S10e akan menempatkan pemindai sidik jari di pinggir layaknya Galaxy A7. Tertulis pula modul triple-camera di Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus.

Modul triple-camera yang diusung keduanya sama. Masing-masing beresolusi 12 megapiksel dengan aperture (bukaan lesa) f/2.4, 12 megapiksel ( f/1.5), dan 16 megapiksel (f/2.2).

Sementara Galaxy S10e dibekali kamera ganda, 12 megapiksel (f/1.5) dan 16 megapiksel (f/2.2). Khusus untuk Galaxy S10 Plus, akan terpatri kamera depan ganda seperti rumor yang beredar sebelumnya.

Masing-masing kamera beresolusi 10 megapiksel (f/1.9) dan 8 megapiksel (f/2.2). Sementara Galaxy S10 reguler dan Galaxy S10e akan sama-sama memiliki kamera depan tunggal beresolusi 10 megapiksel ( f/1.9).

Di bagian bawah terdapat keterangan tambahan yang menyebut Galaxy S10 akan memiliki fitur slow-motion video yang dua kali lebih lama dibanding Galaxy S9 tahun lalu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Trusted Reviews, Jumat (15/2/2019).

Rumor spesifikasi final Galaxy S10Trusted Reviews Rumor spesifikasi final Galaxy S10

Galaxy S10 dibekali baterai paling besar yakni berkapasitas 4.100 mAh, Galaxy S10 reguler berkapasitas 3.400 mAh, dan Galaxy S10e 3.100 mAh. Ketiga perangkat akan mendukung fitur wireless charging 2.0.

Ada sedikit perbedaan infromasi di sektor layar. Perbedaan terdapat di ukuran layar Galaxy S10 Plus yang dalam informasi terbaru disebut akan memiliki diagonal layar 6,3 inci, lebih kecil 0,1 inci dibanding rumor sebelumnya.

Baca juga: Jelang Peluncuran Galaxy S10, Galaxy S9 dan Note 9 di Jakarta Turun Harga

Di bagian paling bawah tertera informasi chip "Exynos 9820 8mm" yang diindikasikan sebagai otak Galaxy S10 untuk beberapa negara tertentu. Ini bukanlah hal baru. Samsung memang selalu membedakan chip Galaxy S series untuk masing-masing pasarnya.

Berkaca dari seri Galaxy S sebelumnya, Indonesia dan beberapa negara Eropa kemungkinan kebagian chip Exynos 9820, alih-alih Snapdragon 855 yang kemungkinan ditargetkan untuk pasar Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Kemungkinan besar, bocaran spesifikasi yang lumayan lengkap ini mendekati benar, mengingat waktu peluncuran tinggal sebentar lagi.

Namun untuk lebih pasti, penggemar Samsung harus sabar menunggu pengumuman resmi dari Samsung saat peluncuran berlangung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com