Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Indonesia Next 2018 Berguru ke Jepang

Kompas.com - 17/02/2019, 17:09 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Telkomsel telah mengumumkan 10 peserta terbaik ajang sertifikasi IndonesiaNEXT 2018 di Malang beberapa hari lalu.

Sebanyak 4 dari 10 peserta terbaik yang berasal dari wilayah operasional Telkomsel di Jabotabek Jabar meraih kesempatan short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan profesional ternama di Tokyo, Jepang.

Empat peserta tersebut adalah Andika Deni Prasetya (Universitas Indonesia), Tita Aprilya Marpaung (Institut Teknologi Bandung), Michael Soritua Hasibuan (Institut Teknologi Bandung), Dexan Seganoval Cahyadi (Institut Pertanian Bogor).

Sebelumnya, mereka telah melalui berbagai tahapan seleksi yang melibatkan lebih dari 17.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Tahapan seleksi tersebut mencakup pelatihan dan pengujian kemampuan menggunakan aplikasi presentasi dan desain bersertifikasi, kemampuan komunikasi di depan publik, hingga pelatihan soft dan hard skills lainnya.

Baca juga: Startup Indonesia Disebut Cepat Mati Karena Minim Arahan

Di wilayah Jabotabek-Jabar sendiri, terdapat 8 peserta dari total 32 peserta nasional yang berhasil masuk ke tahap Bootcamp dan National QPanel.

Lalu, pada tahap akhir kualifikasi tingkat nasional yang berlangsung pada 10-12 Februari 2019 di Jakarta, para peserta tersebut telah mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang menguji kemampuan mempresentasikan ide secara menyeluruh di hadapan 5 juri.

Di wilayah operasional Jabotabek sendiri, babak kualifikasi IndonesiaNEXT 2018 berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Mei 2018. Babak kualifikasi juga digelar di Kota Bandung pada September 2018.

Selain 4 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2018 yang mendapatkan short course, 6 peserta terbaik yang termasuk dalam 10 besar juga akan ikut berkunjung ke Tokyo, Jepang.

Sementara itu, 22 peserta runner-up IndonesiaNEXT lainnya juga mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan mengenai dunia profesional di beberapa perusahaan di Singapura.

Selain kesempatan berkunjung ke luar negeri untuk memperluas pengetahuan, peserta yang lulus dari ujian sertifikasi pada program IndonesiaNEXT juga mendapatkan sertifikat keahlian yang dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Direktur Human Capital Management Telkomsel, Irfan A. Tachrir, memberikan ucapan selamat kepada para peserta IndonesiaNEXT dan berharap mereka bisa bersaing secara global dengan kompetensi yang mereka miliki.

“Kami berharap anak-anak muda Indonesia ini terus meningkatkan kecakapan dan kompetensinya untuk membawa Indonesia untuk dapat bersaing secara global.” pungkas Irfan sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (17/2/2019).

Sebagai informasi, IndonesiaNEXT merupakan program unggulan CSR Telkomsel di bidang pendidikan berupa sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Dalam sesi pelatihan untuk sertifikasi, para peserta IndonesiaNEXT 2018 mendapatkan pelatihan yang mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan perangkat lunak, serta kemampuan dalam berkomunikasi.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini memperkenalkan mahasiswa berbagai skill dan knowledge terkini terkait berbagai bidang, seperti manajemen, ekonomi, teknologi informasi, sistem komputer, hingga multimedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com