Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Pastikan Ponsel Zoom Optik 10x Rilis Tahun Ini

Kompas.com - 19/02/2019, 07:05 WIB
Yudha Pratomo,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Di tahun 2019 ini, Oppo dikabarkan akan memperkenalkan ponsel dengan kamera yang memiliki fitur zoom optik hingga 10x. Ponsel ini diketahui akan mulai diproduksi secara massal pada semester pertama 2019.

Kabar tersebut diutarakan langsung oleh Wakil Presiden Oppo, Shen Yiren melalui jejaring sosial Weibo. Ia mengatakan ponsel tersebut akan diproduksi pada paruh pertama 2019, yang artinya, selambat-lambatnya adalah bulan Juni mendatang.

Dalam kicauannya itu, ia juga mengatakan bahwa produksi tersebut akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2019. Sehingga, hal ini membuat stok ponsel akan tetap tersedia sepanjang tahun.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Senin (18/2/2019), kendati demikian, ia tidak menyebutkan dengan jelas pada bulan apa tepatnya ponsel ini akan mulai diproduksi.

Baca juga: Ponsel Oppo Berkamera Zoom Optik 10x Masuk Indonesia?

Namun dari teaser yang dipublikasi oleh Oppo di ranah maya, teknologi zoom optik 10x ini baru mulai diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress 2019 akhir Februari mendatang.

Sesuai dengan namanya, teknologi zoom optik 10x ini nantinya akan memungkinkan kamera ponsel melakukan 10x zoom tanpa mengurangi kualitas gambar. Zoom ini memanfaatkan optik sepenuhnya, bukan dari software semata.

Agar tidak membuat smartphone menjadi lebih tebal karena mengusung lensa dengan kemampuan zoom 10x, Oppo mengakalinya dengan membuat kamera tersebut selayaknya sebuah periskop.

Lensa diposisikan serta digeser menyamping dan ada tiga lensa yang digunakan yakni telefoto, ultra clear dan ultra wide angle.

Baca juga: Oppo F11 Pro Dipastikan Punya Kamera 48 Megapiksel

Teknologi zoom optik 10x ini sendiri menjadi lanjutan dari teknologi zoom optik 5x yang sempat digadang oleh Oppo. Vendor asal China ini memperkenalkan ponsel dengan teknologi zoom optik 5x pertama di gelaran MWC 2017.

Namun ponsel tersebut tak kunjung dijual ke pasaran, karena hanya dipamerkan di panggung tersebut. Agaknya ponsel zoom optik 10x yang hendak direalisasikan bakal mengobati "kekecewaan" masyarakat atas ponsel zoom optik 5x yang tak kunjung diresmikan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com