Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Dirombak, Gmail di Android Jadi Serba Putih

Kompas.com - 21/02/2019, 12:15 WIB
Bill Clinten,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Setelah diuji coba, Google akhirnya resmi merombak desain tampilan untuk aplikasi Gmail di Android. Kesan yang pertama kali muncul ketika menjajalnya adalah bersih dan simpel dengan balutan serba putih.

Elemen-elemen semacam label, kontak, dan lampiran, tampak lebih menonjol karena diberi sentuhan warna. Dengan ini, pengguna diharapkan semakin jeli dalam mengidentifikasi email yang masuk.

Jenis huruf (font) yang digunakan pada aplikasi Gmail teranyar juga diganti menjadi "Google Sans", sama seperti yang dipakai Google Pixel. Penampakan bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Fitur Tarik E-mail Terkirim Gmail Hadir di Android

Ilustrasi Tampilan Gmail BaruGoogle Blog Ilustrasi Tampilan Gmail Baru

Pencarian email pun lebih mudah dengan memanfaatkan search bar di bagian atas. Pada sisi kiri search bar, tersemat ikon menu tiga garis untuk mengakses berbagai menu semacam pesan masuk utama, sosial, promosi, pesan terkirim, pesan dibintangi, kalendar, dan sebagainya.

Pada sisi kanan search bar, pengguna bakal melihat avatar yang terbingkai dalam lingkaran. Ketika ditekan, pengguna bakal dibawa ke pilihan untuk mengatur akun Google, menambahkan akun, dan beralih ke akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Baca juga: Google Terpaksa Tidak Gratiskan Gmail, Chrome, dan Play Store di Eropa

Google juga mendatangkan fitur baru, seperti kemudahan melihat lampiran email langsung dari halaman utama. Pengguna tak perlu lagi membuka email untuk melihat lampirannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (21/2/2019).

Desain baru Gmail untuk Android otomatis hadir untuk seluruh pengguna, tanpa harus melakukan pemutakhiran aplikasi. Google mengatakan desain ini juga bakal diimplementasikan di iOS, tetapi belum jelas kapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com