Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S10 Punya Sensor Sidik Jari Ultrasonik, Apa Itu?

Kompas.com - 22/02/2019, 10:00 WIB
Yudha Pratomo,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Galaxy S10 yang baru saja diperkenalkan Samsung menyuguhkan sejumlah inovasi baru. Salah satunya terletak pada sektor keamanan.

Untuk Galaxy S10 dan S10+, keamanannya disokong sensor pemindai sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint scanner). Sementara itu, untuk Galaxy S10e, pemindai sidik jari diletakkan pada sisi kiri ponsel.

Isitimewanya, selain ditempatkan di dalam layar, pemindai sidik jari pada Galaxy S10 dan S10+ hadir dengan menggunakan teknologi ultrasonik. Seperti apa mekanismenya?

Sensor dengan ultrasonik menggunakan gelombang suara untuk melakukan identifikasi ketika jari menyentuh layar ponsel. Teknologi ini dikembangkan dan diproduksi Qualcomm.

Baca juga: 8 Fitur Galaxy S10 yang Hadir untuk Pertama Kalinya di Samsung

Prinsipnya, ketika permukaan jari menyentuh layar, akan ada secuil sinyal elektrik dari nadi yang terhantarkan ke sensor. Sinyal itu bakal direspons oleh sensor dengan memancarkan gelombang pendeteksi.

Selanjutnya, sidik jari dan permukaan kulit yang tak rata akan dibuat polanya secara 3D oleh sensor. Artinya setiap lekukan pada kulit pengguna akan terbaca secara rinci dan lebih aman.

Dengan begitu, hasilnya diklaim lebih akurat ketimbang pembaca optik umumnya yang cuma menangkap pola 2D. Akan lebih sulit untuk memalsukan sidik jari di Galaxy S10 dan S10+.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Jumat (22/2/2019), Qualcomm mengklaim sensor sidik jari ultrasonik buatannya dapat membaca pola sidik jari hingga kedalaman 4 milimeter. Artinya, sensor tersebut bahkan bisa memindai hingga bagian pori-pori kulit.

Kendati demikian hal tersebut baru sebatas klaim dan belum terbukti kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com