Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Bixby di Galaxy S10 Bisa untuk Buka WhatsApp

Kompas.com - 23/02/2019, 15:32 WIB
Bill Clinten,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sejak era Galaxy S8 hingga sekarang, Samsung menyediakan tombol akses khusus (dedicated) untuk memanggil asisten digital Bixby. Sebelumnya, tombol itu tak bisa dialih-fungsikan, melainkan cuma bisa dinonaktifkan jika pengguna merasa tak perlu.

Kini, di Galaxy S10, tombol Bixby memiliki fungsi yang lebih kaya, yakni sebagai pintasan ke aplikasi pihak ketiga. Salah satu contohnya, pengguna bisa menekan tombol Bixby untuk membuka aplikasi WhatsApp.

Akses pintasan ini bisa disetel pada pengaturan Bixby. Samsung akan meminta pengguna mengatur aplikasi apa yang ingin dibuka dengan klik satu kali atau dua kali tombol Bixby, seperti tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi pengaturan Bixby keyTheVerge Ilustrasi pengaturan Bixby key

Jika pengguna hanya mengatur satu aplikasi agar bisa dibuka dengan tombol Bixby lewat satu kali tekan, maka layanan Bixby Feed akan mengisi fungsi tombol dua kali tekan, begitu juga sebaliknya.

Oleh karena itu, sebaiknya isi dua opsi dengan aplikasi yang pengguna mau agar tidak direpotkan dengan tampilan antarmuka Bixby Feed yang dipicu oleh penekanan tombol yang tidak disengaja.

Meski bisa diatur, jika pengguna menekan dan menahan (hold) tombol Bixby beberapa lama, ponsel akan tetap membuka layanan Bixby Voice. Dengan kata lain, mekanisme hold pada tombol Bixby memang belum bisa dialih-fungsikan.

Sayangnya, untuk saat ini, hanya Galaxy S10 saja yang bisa mengalih-fungsikan tombol Bixby, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Kamis (21/2/2019).

Belum diketahui apakah ponsel Samsung sebelum Galaxy S10, seperti Galaxy Note 9 atau Galaxy S9+, bakal memiliki fungsi yang sama lewat pembaruan software atau tidak. Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com