Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Mate X Meluncur, Ponsel Layar Lipat 5G Pesaing Galaxy Fold

Kompas.com - 24/02/2019, 22:22 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Belum genap satu minggu Samsung memperkenalkan Galaxy Fold, ponsel itu kini sudah punya pesaing. Huawei secara resmi memperkenalkan lini Mate X, Minggu, (24/2/2019), di Barcelona, Spanyol.

Ponsel tersebut hadir dengan layar yang dapat ditekuk dan mendukung jaringan internet selular generasi kelima (5G).

"Butuh waktu tiga tahun untuk meneliti dan mempersiapkan ponsel ini. Ada sebanyak lebih dari 100 paten yang ada pada ponsel ini," kata CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu, di atas panggung peluncuran.
 
"Kita semua selalu butuh smartphone dengan baterai awet, layar besar, dan pengisi daya cepat. Oleh karena itu kami beri sesuatu baru, Huawei Mate X," ia melanjutkan.
 
 
Huawei Mate X memiliki bentang layar seluas 8 inci saat dalam kondisi tidak dilipat. Ketika dilipat, layarnya menyusut menjadi 6,6 inci.
 
Ponsel ini punya ketebalan 5,4 mm saat terbentang, sementara saat dilipat, ketebalannya menjadi 11 mm.
 
Huawei Mate X tampil dengan desain bezel-less di keempat sisi. Ada tiga kamera yang dapat digunakan sebagai kamera utama dan kamera selfie
 
Kamera tersebut diproduksi produsen ternama, Leica, seperti beberapa model ponsel Huawei lainnya. Sayangnya tidak disebutkan berapa besar sensor kamera yang diusung.
 
 
Untuk dapur pacu, Huawei Mate X mengandalkan Kirin 980. Chipset ini didampingi RAM 8 GB dan penyimpanan 512 GB. Jika tak cukup, pengguna bisa mengekspansinya melalui kartu memori khusus yakni Nano Memory Card.
 
Dukungan 5G pada Huawei Mate X hanya tersedia untuk satu slot SIM saja. Satu slot lainnya bisa digunakan untuk SIM 4G.
 
Nilai jual lain dari Huawei Mate X adalah kemampuan pengisi daya cepat 55w. Baterai Huawei Mate X dengan kapasitas 4.500 mAh bisa diisi hingga penuh (100 persen) hanya dalam waktu kurang dari satu jam, sementara 30 menit untuk pengisian 85 persen.
 
Keamanannya masih mengandalkan sensor sidik jari yang diletakkan di sisian ponsel, bukan di dalam layar (in-display fingerprint scanner).
 
Huawei Mate X dibanderol 2.299 Euro atau sekitar Rp 36,6 juta. Ponsel ini dijanjikan akan tersedia mulai pertengahan tahun ini.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com