Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Terlelet untuk Akses Internet 4G di Indonesia

Kompas.com - 25/02/2019, 17:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Perusahaan periset jangkauan internet asal Inggris, OpenSignal, merilis temuan terbarunya tentang kecepatan internet 4G yang mencakup 77 negara, termasuk Indonesia. Salah satu hasil riset tersebut mengungkap jam-jam tersibuk internet, dan karenanya menjadi lelet.

Di Indonesia, pukul 21.00 menjadi jam paling lelet untuk mengakses internet. Kecepatan internet di Indonesia pada jam tersebut hanya mencapai 5,7 Mbps.

Indonesia berada di bawah Thailand, di mana kecepatan internet terendah saat jam internet sibuk di sana mencapai 6,0 Mbps. Sementara itu, rata-rata kecepatan internet di Indonesia berada di angka 8,6 Mbps.

Petang memang menjadi jam-jam tingginya permintaan akses internet secara global. OpenSignal mencatat, pukul 20.00 hingga 23.00 di masing-masing negara menjadi waktu terlamban untuk akses internet.

Baca juga: Riset: Penetrasi Internet Indonesia Naik Jadi 56 Persen

Jam-jam kecepatan internet tertinggi dan terendah secara globalOpenSignal Jam-jam kecepatan internet tertinggi dan terendah secara global

Hal itu dikarenakan banyak orang-orang mengakses konten hiburan seperti video untuk melepas penat setelah bekerja di pagi hingga sore hari. Alhasil, terjadi ketimpangan antara tingginya permintaan internet dan lemahnya kecepatan internet.

Tak hanya waktu-waktu terlelet, OpenSignal juga mengungkap waktu di mana akses internet sedang tinggi-tingginya. Secara global, jam 03.00 pagi menjadi waktu dengan kecepatan akses internet tertinggi dengan kecepatan internet 22,1 Mbps.

Kecepatannya bisa berbeda-beda di setiap negara. Indonesia sendiri bisa mencapai kecepatan internet 4G maksimal di angka 18,5 Mbps. Untuk peringkat rata-rata kecepatan internet, Indonesia menduduki posisi 72 dari 77 negara yang terlibat dalam riset ini.

Indonesia berada di bawah Filipina yang memiliki rata-rata kecepatan 4G 9,4 Mbps dan kecepatan maksimum 19 Mbps. Sementara Thailand menjadi negara dengan kecepatan internet terlambat dengan kecepatan internet 4G rata-rata 8,2 Mbps dan maksimum hanya mencapai 11,7 Mbps.

Baca juga: Microsoft Ajak Berhenti Pakai Internet Explorer

Korea Selatan dan Singapura menjadi dua negara yang memiliki kecepatan internet 4G tertinggi. Secara berurutan, rata-rata kecepatan tertinggi kedua negara itu adalah 47,1 Mbps 45,4 Mbps. Sedangkan Indonesia dan sebagian besar negara di Asia Tenggara lainnya masih berusaha mencapai angka dua digit untuk rata-rata kecepatan internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com