Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Ponsel 5G Oppo di Barcelona

Kompas.com - 26/02/2019, 19:13 WIB
Reska K. Nistanto,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Para vendor berlomba-lomba menghadirkan smartphone 5G di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019. Salah satunya Oppo yang turut menyediakan wahana demonstrasi smartphone 5G pertamanya di booth Qualcomm di Fira Barcelona Gran Via.  

Oppo memamerkan cloud streaming game "Soul Calibur", dengan menggunakan jaringan 5G yang disediakan oleh Ericsson dan Qualcomm.

"Game-nya tidak di-install di ponsel, melainkan di-streaming, servernya ada di Belanda," kata perwakilan Oppo di booth Qualcomm, Senin (25/2/2019).

"Ponsel hanya digunakan untuk login (ke server) saja," ia berujar.

Baca juga: Oppo Klaim Bakal Jadi yang Pertama Rilis Ponsel 5G dengan Snapdragon 855

Game Soul Calibur adalah mengusung genre fighting bersenjata, yang juga mendukung banyak pemain (multiplayer). Sayangnya mode multiplayer tidak didemonstrasikan.

Demo ponsel 5G Oppo dengan streaming game Soul Calibur di ajang MWC 2019.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Demo ponsel 5G Oppo dengan streaming game Soul Calibur di ajang MWC 2019.
Demonstrasi ini sejatinya ingin menunjukkan rendahnya latensi konakesi 5G, sehingga bebas lag, untuk memberikan pengalaman streaming real-time yang memuaskan.

Namun dari pengalaman KompasTekno saat menjajal game yang di-streaming dari cloud tersebut, masih terasa sedikit lag.

Ada jeda antara memencet tombol di joystick dengan respons karakter di game, seperti mengayunkan pedang, melompat, dan sebagainya.


Menurut perwakilan Oppo, hal itu dikarenakan bandwidth yang disediakan di booth masih terbatas, dan digunakan secara bersama-sama.

Baca juga: Jaringan 5G Diprediksi Booming 2024

Oppo memang bukan satu-satunya yang mendemonstrasikan ponsel 5G di booth Qualcomm, masih ada "adiknya", OnePlus yang juga memamerkan cloud streaming game.

Selain itu, jaringan 5G yang dipasang di booth Qualcomm juga dipakai untuk demonstrasi lain, seperti streaming video 4K, demo Extended Reality, dan sebagainya.

Oppo telah mengenalkan ponsel 5G pertama buatannya di ajang Innovation Event sebelum MWC 2019 berlangsung.

Dalam pengenalan itu, ponsel 5G Oppo disebut bakal menggunakan chip Snapdragon 855 dengan kombinasi modem X50 buatan dari Qualcomm. Baru itu saja spesifikasi ponsel 5G Oppo yang diungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com