Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Dituduh Melanggar Paten BlackBerry Messenger

Kompas.com - 01/03/2019, 14:15 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Crackberry

KOMPAS.com - Sengketa paten antara perusahaan-perusahaan teknologi memang biasa terjadi. Baru-baru ini, pembuat layanan chatting BlackBerry Messenger (BBM), BlackBerry Ltd., menggugat perusahaan jejaring sosial Twitter dengan tuduhan pelanggaran paten.

Tuntutan ini diketahui diajukan ke pengadilan distrik California, AS, beberapa hari lalu. Pada dokumen tuntutannya yang mencapai 98 halaman, BlackBerry menuduh Twitter telah mencuri sejumlah teknologi yang dipatenkan terkait layanan pesan instan BBM.

Baca juga: BlackBerry Tuduh Facebook, WhatsApp, Instagram Jiplak BBM

Ada beberapa dugaan pelanggaran paten BBM yang dituduhkan kepada Twitter, termasuk teknologi notifications, silencing notifications, push technology, dan sejenisnya.

Twitter juga dituduh menggunakan teknologi BlackBerry pada aplikasi Twitter dan konten iklan pada layanan jejaring sosialnya.

Dengan penggunaan intellectual property milik BlackBerry tersebut, pihak BlackBerry mengklaim bahwa Twitter "telah berhasil mengalihkan konsumen dari produk dan layanan yang disediakan oleh BlackBerry".

Bersama gugatan ini, BlackBerry meminta kompensasi dari pendapatan yang dihasilkan dari penggunaan teknologi BlackBerry oleh Twitter. BlackBerry juga meminta ganti rugi, tapi tak dijelaskan berapa jumlahnya.

Terlebih, pihak Twitter, selaku tergugat belum memberikan komentar atau tanggapan terkait kasus gugatan yang dilakukan oleh BlackBerry, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CrackBerry, Jumat (1/3/2019).

Ini bukan kali pertama BlackBerry melayangkan tuntutan ke perusahaan teknologi. Beberapa waktu lalu, BlackBerry juga melakukan tuntutan serupa kepada raksasa jejaring sosial Facebook.

Baca juga: Digugat, Facebook Tuntut Balik BlackBerry

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crackberry
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com