Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan "Autoplay" Video di Telegram

Kompas.com - 01/03/2019, 18:35 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pesan instan Telegram mendapat sejumlah fitur baru untuk membuat aplikasinya lebih "hidup", yakni pemutaran video secara otomatis alias autoplay.

Dengan fitur bernama Autoplaying Videos itu, konten video dalam antarmuka chatting bakal dimainkan secara otomatis, serupa seperti video pada Instagram feed, Facebook, dan YouTube.

Video akan diputar ketika pengguna melakukan scrolling obrolan, dalam mode tanpa suara atau mute. 

Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir untuk tidak mengganggu orang lain dengan suara yang tiba-tba muncul sekitar ketika chatting sambil menonton video pada aplikasi Telegram.

Baca juga: Telegram Kini Bisa Ubah Gambar "Background" Percakapan, Begini Caranya

Suara pun bisa dimunculkan dengan mudah dengan mengetuk video tersebut atau menekan tombol fisik volume pada ponsel.

Pengguna juga bisa mengatur size video yang bisa diputar otomatis melalui fitur autoplay serta menonaktifkan fitur ini pada menu "Data and Storage".

Ilustrasi menu Data and Storage di TelegramKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi menu Data and Storage di Telegram

Di tampilan menu ini bakal ada pengaturan terkait fitur pemutar video otomatis, seperti penggunaan data berdasarkan size video, menonaktifkan fitur pemutar video otomatis ketika menggunakan koneksi seluler, serta memilih jenis video yang akan diputar secara otomatis.

Cara pakai lebih dari satu akun

Selain fitur Autoplaying Videos, Telegam juga mendatangkan tampilan logout terbaru serta fitur Multiple Accounts ke aplikasi Telegram versi iOS.

Pada tampilan logout terbaru, pengguna akan menemukan beberapa alternatif selain mengeluarkan akun dari Telegram, seperti menambahkan nomor, mengganti nomor, serta menambahkan passcode.

Sebelumnya, ketika akan logout, pengguna hanya akan disodorkan jendela prompt untuk mengonfirmasi logout dari akun Telegram.

Ilustrasi menu Logout pada TelegramKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi menu Logout pada Telegram

Sementara fitur Multiple Accounts memungkinkan pengguna menambahkan hingga tiga akun sekaligus di dalam satu aplikasi Telegram. Sebelumnya, fitur ini telah hadir di aplikasi Telegram versi Android, namun baru hadir sekarang untuk versi iOS.

Baca juga: Fitur Terbaru Telegram, Bisa Eksport Data dan Notifikasi Khusus

Mereka pun bisa berpindah dari satu akun ke akun lainnya tanpa harus logout melalui menu "Settings". Di menu tersebut, pengguna juga bisa melihat daftar chatting dengan tampilan preview dengan mengetuk avatar atau nama akun.

Pesan masuk dari ketiga akun tersebut juga bakal diketahui melalui notifikasi, jadi pengguna tak ketinggalan pesan terbaru meskipun tiga akun login secara bersamaan.

Untuk menikmati fitur terbaru ini, pengguna diharuskan memperbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru (5.4) di Play Store dan App Store, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog resmi Telegram, Kamis (28/2/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com