Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Disebut Tawarkan Layar Ponsel Lipat ke Apple dan Google

Kompas.com - 05/03/2019, 11:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung baru saja meresmikan ponsel layar lipat pertamanya di San Francisco, Amerika Serikat. Bertajuk “Galaxy Fold”, ponsel lipat tersebut memiliki layar 4,6 inci dan layar 7,3 inci ketika perangkat dibentangkan.

Selaku salah satu dari segelintir pabrikan yang sudah menguasai teknologi layar lipat, Samsung agaknya ingin memanfaatkan hal tersebut agar bisa menjadi pemasok display fleksibel ke Apple dan Google yang disinyalir sedang berupaya menelurkan ponsel layar lipat.

Baca juga: Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung

Keterangan dari sumber dalam industri menyebutkan bahwa Samsung telah mengirim sample teknologi layar lipat ke Apple dan Google. Namun, belum jelas seperti apa respon keduanya terhadap layar lipat Samsung.

Apple baru-baru ini mendaftarkan paten untuk ponsel layar lipat bergaya clamshell. Sementara itu, Google mematenkan teknologi ponsel dengan engsel yang layarnya bisa dipilih (selectable displays).

Besar kemungkinan Apple bakal memakai teknologi layar lipat Samsung Display, divisi Samsung pemasok komponen layar. Pasalnya, komponen OLED untuk layar iPhone XS dan XS Max pun selama ini sudah ditangani Samsung Display.

Baca juga: Inikah Wujud iPhone Layar Lipat?

Akan tetapi, Samsung Display disebut-sebut masih kewalahan dalam memproduksi layar lipat. Selama setahun, hanya 2,4 juta unit ponsel layar lipat yang diprediksi bakal rampung.

Ke depannya, kata sang sumber dalam, Samsung ingin kapasitas produksi ponsel layar lipatnya meningkat menjadi 10 juta unit per tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/3/2019), dari DigitalTrends.

Terlepas dari itu, kompetisi ponsel layar lipat saat ini belum dirasakan Apple dan Google. Dalam waktu dekat, bagi yang ingin memiliki ponsel lipat premium, pilihannya adalah antara Samsung Galaxy Fold atau Huawei Mate X.

Baca juga: Membandingkan Ponsel Layar Lipat Galaxy Fold dan Huawei Mate X

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com