Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Bakal Bikin Ponsel Layar Geser?

Kompas.com - 05/03/2019, 20:17 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tren smartphone dengan mekanisme kamera tarik, baik pop-up atau slider agaknya mulai membumi. Beberapa vendor telah mengadopsi teknik tersebut di smartphone besutannya.

Sebut saja Vivo NEX, Oppo Find X, dan Xiaomi Mi Mix 3. Kabarnya Samsung juga akan meluncurkan Galaxy A90 dengan kamera pop-up. Tak hanya Samsung, Huawei juga dikabarkan tak mau ketinggalan kereta untuk tren kamera tarik.

Huawei Technologies kabarnya telah mengajukan paten smartphone dengan mekanisme kamera slider/geser. Desain tersebut dipublikasikan oleh Global Design Database dari World Intellectual Property Office awal bulan ini, yang kemudian dirender oleh situs Let's Go Digital.

Dari render tersebut tampak layar smartphone dengan bingkai tipis di bagian dahi, namun sedikit menebal di bagian dagu. Pada bagian casing khusus slider, terdapat dua buah kamera depan yang ditemani LED flash di tengah.

Baca juga: Menjajal Ponsel Layar Tekuk Huawei Mate X

Render desain smartphone slider HuaweiPhone Arena Render desain smartphone slider Huawei
Dual-camera juga ditemukan di bagian punggung yang terpatri secara vertikal. Tidak ada sensor pemindai sidik jari di punggung, mengindikasikan Huawei akan membenamkan sensor pemindai sidik jari dalam layar. Bisa juga sensor pemindai sidik jari disematkan di tombol daya.

Melihat beberapa spesifikasi awalnya, ada kemungkinan bahwa ponsel ini bukanlah jajaran flagship. Akan tetapi, pendaftaran paten bukan berarti akan terwujud dalam waktu dekat. Seandainya terwujud, masih ada kemungkinan besar untuk merombak desain.

Render smartphone slilder HuaweiPhone Arena Render smartphone slilder Huawei

Belum diketahui lini seri apa yang akan digunakan Huawei untuk memperkenalkan smartphone slider pertamanya ini. Dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Selasa (5/3/2019), baru-baru ini Huawei telah mengajukan merek dagang untuk seri P Smart X dan P Smart Z.

Dua lini itu kabarnya akan disematkan kepada smartphone slider ini. Sub-brand Huawei, Honor, memang telah merilis Honor Magic 2 dengan kemampuan kamera slider, tapi untuk Huawei sendiri belum memiliki ponsel kamera tarik di bawah namanya sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com