Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game PS4 Bisa Dimainkan di iPhone, Caranya?

Kompas.com - 09/03/2019, 15:54 WIB
Bill Clinten,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Setelah diluncurkan empat tahun lalu untuk pengguna Android, game PlayStation 4 (PS4) akhirnya tersedia untuk perangkat iOS melalui aplikasi "PS4 Remote Play".

Pengguna bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis di App Store. Syaratnya, pengguna harus tetap memiliki konsol PS4.

Pasalnya, mekanisme Remote Play tetap meminjam sistem komputasi dari konsol PS4. Prinsipnya sebagai layar kedua, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman bermain PS4 via iPhone dan iPad.

Cara menghubungkan konsol PS4 ke Remote Play di iPhone dan iPad pun cukup sederhana. Pengguna cukup masuk (sign-in) menggunakan akun PlayStation Network, lalu tekan tombol "Start", seperti nampak pada gambar di bawah.

 Ilustrasi langkah Remote Play iOSEngadget Ilustrasi langkah Remote Play iOS

Remote Play di iPhone bakal mencari konsol PS4 terdekat dan menghubungkan (pairing) kedua perangkat lewat jaringan WiFi. Pastikan firmware PS4 sudah diperbarui ke versi 6.5 sebelum pairing.

Setelah pairing berhasil, pengguna bakal melihat antarmuka PS4 pada layar iPhone. Pengguna juga bisa mengobrol dengan pemain PS4 lain melalui teks atau voice chat yang tersedia di Remote Play.

Untuk kontrol, pengguna punya opsi memanfaatkan tombol virtual pada layar iPhone atau menggunakan third-party controller lewat konektivitas Bluetooth, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Jumat (8/3/2019).

Remote Play sendiri hanya bisa berjalan di iPhone 7 ke atas dan iPad generasi keenam atau iPad Pro terbaru. Pastikan pula sistem operasi sudah menggunakan iOS versi 12.1 ke atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com