Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realme 3 yang Dijual di Indonesia Pakai Chip Lama, Alasannya?

Kompas.com - 12/03/2019, 20:01 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme 3 yang dijual di Indonesia menggunakan chipset lama, Mediatek Helio P60. Berbeda dengan Realme 3 yang dirilis di India, yang ditenagai chipset baru Mediatek, Helio P70.

Menurut Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, Realme sebenarnya ingin membawa kedua chipset tersebut ke Indonesia di dalam Realme 3. Namun, ada beberapa pertimbangan yang ada di benak Realme terkait Realme 3 versi Indonesia, seperti dari segi performa dan harga.

Menurut Felix, dari segi performa, Mediatek P60 tak berbeda jauh berbeda dari "kakaknya" Mediatek P70.

"Dari segi performa dan hal lainnya, P60 tidak kalah dengan P70," ujar Felix saat ditemui KompasTekno di acara peluncuran Realme 3 di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Baca juga: Ini Spesifikasi dan Harga Realme 3 di Indonesia

Mediatek P60 sendiri memiliki kecepatan clock maksimal 2.0 GHz, lebih rendah 100 MHz dibandingkan Mediatek P70 (2,1 GHz).

Kedua chipset tersebut juga sama-sama difabrikasi dengan teknologi 12nm, menggunakan teknologi UFS 2.1, dan memiliki GPU yang sama, yakni Mali-G72 MP3.

Bedanya, Helio P70 memiliki kecepatan clock GPU yang lebih besar 100 MHz (900 MHz) dibandingkan Helio P60 yang kecepatan GPU maksimalnya mencapai 800 MHz.

Perbandingan yang menurutnya tak terpaut jauh tersebut menjadi pertimbangan bagi Realme untuk merilis Realme 3 dengan chipset Mediatek P60 di Indonesia, demi mematok banderol harga yang kompetitif dan bisa bersaing dengan para kompetitor lain.

"Kami telah pertimbangkan kemampuan prosesor dengan harga," ujar Felix.

"Kami juga ingin mengeluarkan sebuah produk dengan performance yang baik, tetapi dengan harga kompetitif, itu yang paling menjadi pertimbangan kami," kata Felix.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com