Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp dan Instagram Bermasalah, Server Facebook Diserbu Hacker?

Kompas.com - 14/03/2019, 11:10 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak Kamis (14/3/2019) dini hari tadi, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan secara global, termasuk Indonesia.

Para pengguna melaporkan tidak bisa menggunakan layanan di bawah naungan Facebook tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain. 

Meski belum mengungkap penyebab dari gangguan dengan skala yang besar ini, Facebook memastikan bahwa gangguan yang terjadi bukan karena adanya serangan peretas (hacker).

Lewat akun Twitter-nya, Facebook mengatakan bahwa mereka kini tengah berusaha memperbaiki layanan secepat mungkin.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses sejumlah aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook.

Baca juga: Facebook dan Instagram Down, Pengguna Laporkan Error

"Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut mereka.

Serangan DDoS yang dimaksud Facebook adalah sebuah teknik hacking yang dilakukan oleh para peretas dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan dan server dengan banyak data dan request sehingga jaringan terganggu.

Teknik ini membuat pengguna kesulitan untuk mengakses sebuah layanan. (Baca juga: Internet Indonesia Terganggu pada Malam Jumat, Ini Penjelasannya)

Para pengguna Facebook, Instagram dan WhatsApp melaporkan mengalami gangguan yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, mem-posting konten di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Ikut Error, Pengguna Tidak Bisa Kirim Gambar

Bahkan, menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama, seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk memublikasi konten baru, juga tidak bisa digunakan.

Gangguan ini terjadi pada Kamis dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS. Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan oleh sejumlah pengguna. Kendati demikian, ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa layanan ini berangsur pulih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com