Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Sediakan Tab Khusus Gaming

Kompas.com - 15/03/2019, 20:10 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Facebook

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Facebook mulai menggelontorkan dedicated tab, atau pintasan khusus, untuk menu Facebook Gaming.

Hal tersebut diluncurkan sebagai upaya Facebook untuk mempermudah penggemar dan penikmat game di layanan tersebut mengakses linimasa khusus gaming tanpa harus repot mengakses menu lain.

"Kami ingin mempermudah penggemar game di Facebook untuk menemukan dan terhubung di dengan permainan favorit mereka, streamer, grup, dan hal lainnya (yang berbau game)," ujar pihak Facebook di keterangan resminya.

Lewat tab Gaming tersebut, yang bisa ditemukan di tampilan utama aplikasi Facebook dengan ikon persegi, tepat di sebelah ikon lonceng notifikasi, pengguna bisa menikmati konten-konten yang berbau gaming, seperti menonton live streaming, gameplay, hingga berita dari industri game.

Baca juga: Mobile Gaming Terus Naik saat Bisnis Ponsel Lesu

Pengguna juga bisa bergabung dengan beberapa grup Facebook yang berdiskusi tentang game-game favorit mereka.

Ada pula konten "Instant Games" yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game, misal game jenis board game seperti Words With Friends, langsung dari linimasa tab Facebook Gaming.

Untuk saat ini, tab Facebook Gaming sendiri hanya akan muncul di aplikasi Facebook terbaru di lebih dari 700 juta pengguna yang aktif menikmati konten game di Facebook setiap bulannya.

Ketersediaan tab Facebook Gaming bagi pengguna dan penggemar game lain secara perlahan bakal digelontorkan Facebook dalam beberapa waktu ke depan.

Meski begitu, pengguna juga bisa menemukan tab gaming ini di menu "Bookmark" Facebook. Menu tersebut bisa diakses lewat ikon "tiga garis horizontal" yang terletak di bagian kanan atas tampilan Facebook. 

Ilustrasi menu Facebook GamingKOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi menu Facebook Gaming

Setelah ikon itu diklik, geser menu ke bawah dan pilih menu "See more". Lalu, pilih menu "Gaming". Beberapa saat kemudian, pengguna akan disodorkan dengan tampilan linimasa Facebook Gaming.

Selain tab khusus konten game ini, Facebook juga tengah menguji coba untuk mewujudkan tab Facebook Gaming menjadi sebuah aplikasi stand-alone atau terpisah dari aplikasi Facebook.

"Kami juga terus menguji coba aplikasi Facebook Gaming versi beta yang akan berdiri sendiri menjadi aplikasi Android dan mencakup lebih banyak fitur daripada tab Facebook Gaming,". jelas pihak Facebook, sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resmi Facebook, Jumat (15/3/2019). 

Sayangnya, tidak disebutkan fitur apa yang nantinya akan ada di aplikasi Facebook Gaming itu. Sebab, aplikasi itu masih dalam tahap uji coba dan feedback dari komunitas gaming, terkait aplikasi tersebut, pun masih mengalir. Kita nantikan saja informasinya di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Facebook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com