Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Plus Tutup 2 April dan "Diabadikan" Internet Archive

Kompas.com - 21/03/2019, 11:49 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyusul skandal kebocoran data pengguna, Google mengumumkan bakal menutup jejaring sosial Google+ miliknya pada pertengahan 2019. Belakangan jadwal penutupan Google Plus dipercepat menjadi 2 April ini.

Internet Archive, lembaga non-profit yang membangun “perpustakaan digital” berisi hasil capture laman-laman internet supaya tak hilang ditelan waktu, pun bergegas melancarkan upaya untuk mengabadikan isi Google+ sebelum dihapus oleh sang empunya.

Baca juga: Google+ Mulai Ditutup 2 April 2019

Dalam sebuah pengumuman yang diunggah ke forum online Reddit, Internet Archive mengatakan telah memulai upaya penyelamatan isi Google+ dengan memakai script otomatis.

Tak semua konten Google+ bisa disimpan oleh Internet Archive. Hanya posting dan profil publik saja yang akan di-capture, bukan yang ditandai sebagai private atau telah dihapus. Foto dan video unggahan pun tak akan disimpan dalam resolusi aslinya.

Apabila ada pengguna yang tak mau akun Google+ miliknya disimpan oleh Internet Archiive, akun yang bersangkutan disarankan untuk dihapus. Kalau terlanjur disimpan, ada prosedur yang bisa diikuti untuk menghapusnya dari arsip Internet Archive.

Baca juga: 8 Pahlawan Internet yang Tak Banyak Diketahui Orang

Laman-laman Google+ yang diabadikan tersebut nantinya bisa dilihat kembali dengan memakai fitur “mesin waktu” Wayback Machine di situs Internet Archive.

Menurut laporan yang dirangkum KompasTekno dari Android Police, Kamis (21/9/2019), hingga sekarang, Internet Archive sudah mengunduh data sebesar 360 terabyte dari Google+

Internet Archive sendiri sejak 1996 memang berupaya menyelamatkan sejarah internet dengan cara menyimpan laman-laman website. Tujuannya supaya tak lenyap begitu saja apabila sang pemilik website memperbarui laman atau menutup situsnya.

Koleksi perpustakaan digital Interent Archive kini berisi 330 miliar laman web, 20 juta buku dan teks digital, 4,5 juta rekaman audio, 3 juta video, 3 juta gambar, beriktut 200.000 software.

Tampilan aneka website lawas bisa dilihat secara kronologis lewat fitur Wayback Machine yang disediakan oleh Internet Archive.

Baca juga: Ribuan Game Lawas Bisa Dimainkan Gratis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com