Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Boyong 4 Jenis TV 8K ke Indonesia, Berapa Harganya?

Kompas.com - 25/03/2019, 13:21 WIB
Dylan Aprialdo Rachman,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Samsung Electronics akan memasarkan 4 jenis perangkat televisi QLED 8K (delapan kali Full HD) di Indonesia mulai April dan Mei mendatang.

Hal itu disampaikan Senior Product Marketing Manager TV & Audio Visual Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin di sela-sela Samsung Forum 2019 di Resorts World Sentosa, Singapura, Senin (25/3/2019).

"Ada 4 line up, semuanya akan kita bawa ke Indonesia, jadi dari 65 inci, 75 inci, 82 inci dan 98 inci," kata Ubay.

Untuk ukuran 65, 75, 82 inci akan diboyong ke Indonesia sekitar bulan April. Sementara ukuran terbesar, 98 inci, akan dibawa ke Indonesia pada Mei mendatang. Kisaran harganya mulai dari Rp 80,5 juta hingga Rp 1,5 miliar.

Baca juga: Samsung Luncurkan TV QLED 8K untuk pasar Asia Tenggara

"Yang paling murah itu 65 inci start-nya di Rp 80,5 juta kira-kira. Yang paling mahal, yang ini (ukuran 98 inci) Rp 1,5 miliar," ujar Ubay.

Ubay menjelaskan, tren TV dengan layar besar semakin meningkat. Sehingga resolusi yang dibutuhkan juga semakin tinggi.

"Resolusi yang dibutuhkan semakin tinggi supaya ppi-nya (pixel per inch) semakin tinggi. Itulah kenapa 8K keluar. Itu story-nya kenapa harus keluar," ujarnya.

Prosesor kuantum untuk AI

Ubay mengakui bahwa konten 8K di Indonesia sendiri belum ada. Oleh karena itu, Samsung mengusung prosesor gambar kuantum yang memungkinkan kecerdasan buatan (AI) di TV.

Teknologi ini mampu mengubah video resolusi rendah menjadi berkualitas 8K. Video dengan kualitas SD, Full HD, dan 4K akan ditingkatkan resolusinya.

Kecerdasan buatan menganalisis koleksi video dan menciptakan basis data untuk meningkatkan kualitas video beresolusi rendah.

"Di dalam ada quantum 8K processor yang mempunyai kemampuan untuk belajar. Belajar apa? Belajar sinyal yang masuk, diklasifikasikan, dibuat formulanya nanti di-upscale ke 8K," kata Ubay.

Baca juga: TV Pintar Samsung Keluaran Terbaru Bisa Akses Konten Apple iTunes

Meski tak akan menyamai kualitas konten 8K original, teknologi ini setidaknya bisa meningkatkan pengalaman pengguna dalam menonton konten yang ada dengan kualitas 8K.

Samsung juga meningkatkan teknologi Direct Full Array yang menempatkan LED backlit untuk mengontrol tingkat kecerahan.

TV QLED 8K dari Samsung ini juga dilengkapi dukungan format HDR10+ untuk memperluas dynamic range dari tiap konten yang ditampilkan.

AI di TV Samsung juga digunakan untuk memperjelas suara dalam jenis tayangan tertentu
Misalnya, jika pengguna sedang menonton berita, maka kualitas suara pembawa acara akan ditingkatkan, agar informasi yang disampaikan terdengar lebih jelas.

Atau, jika pengguna menonton pertandingan sepak bola bola, suara latar belakang dan keramaian penonton akan ditingkatkan agar suasana bertambah meriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com