Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertanda Xiaomi Mi 9 SE Akan Dirilis di Luar China

Kompas.com - 26/03/2019, 18:20 WIB
Yudha Pratomo,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi tampaknya akan memberi perlakuan berbeda pada Mi 9 SE. Jika ponsel versi "SE" dari Xiaomi sebelumnya hanya dipasarkan untuk wilayah China, Mi 9 SE disinyalir akan turut dilepas untuk pasar global.

Pertandanya adalah sistem antarmuka MIUI milik Mi 9SE yang berbeda dari ponsel Xiaomi berembel-embel "SE" terdahulu. Mi 8 SE sebelumnya hanya menggunakan MIUI versi China, tapi Mi 9 SE kedapatan menggunakan MIUI versi global.

Sebagai informasi, Xiaomi sendiri memiliki dua versi MIUI yang digunakan pada ponsel buatannya. MIUI versi China digunakan di ponsel yang hanya dipasarkan di  China. Sementara MIUI versi global diperuntukkan bagi smartphone yang didistribusikan di luar China.

Baca juga: Xiaomi Mi 9 Resmi Meluncur, Usung Kamera 48 Megapiksel

Dirangkum KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (26/3/2019) ini artinya besar kemungkinan Mi 9 SE akan turut dijual secara global, di negara-negara lain di luar China.

Apalagi, salah satu pengguna Mi 9SE belakangan menemukan keterangan bertuliskan "grus_global" dalam pembaruan firmware Mi 9 SE. Kata "grus" adalah kode untuk ponsel Mi 9 SE sementara "global" menerangkan bahwa MIUI yang digunakan adalah versi global.

Tentu, penjabaran di atas baru sebatas dugaan dan pihak Xiaomi pun belum memberi keterangan resmi.

Mi 9 SE sendiri disinyalir akan menjadi seri flagship terakhir Xiaomi yang mengusung layar berukuran kecil. Hal tersebut diisyaratkan CEO Xiaomi, Lin Bin di akun resmi Weibo miliknya.

Baca juga: Mi 9 SE Jadi Ponsel "Layar Kecil" Xiaomi Terakhir

Seperti diketahui, Mi 9 SE sendiri memiliki ukuran layar 5,97 inci dengan panel AMOLED dan 2,5D curved glass.

Xiaomi Mi 9 SE ditenagai Snapdragon 712 yang disandingkan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 6 GB atau 128 GB

Di punggung Mi 9 SE terdapat tiga kamera, masing-masing dengan resolusi 48 megapiksel, 13 megapiksel, dan 8 megapiksel. Mi 9 SE turut dibekali kamera selfie 20 megapiksel dan baterai 3.070 mAh.

Di China, Xiaomi Mi 9 SE dibanderol dengan harga 1.999 Yuan (Rp 4,1 juta) untuk versi dengan media penyimpanan 64 GB dan 2.299 Yuan (Rp 4,8 juta) untuk versi 128 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com