Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Valve Index, "Headset VR" Baru dari Pemilik Platform Game Steam

Kompas.com - 02/04/2019, 08:07 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Rumor tentang headset VR bikinan Valve sempat lalu-lalang beberapa waktu lalu. Kini, Valve menunjukkan indikasi kuat bahwa pihaknya tengah mengembangkan headset Virtual Reality (VR) buatan sendiri yang bernama Valve Index.

Hal itu diketahui dari poster teaser perangkat VR yang sempat dipajang di situs resminya oleh Valve beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauan KompasTekno awal pekan ini, poster tersebut sudah dihapus oleh Valve. Meski demikian, tangkapan layarnya sempat diambil dan telah beredar luas di internet.

Di dalam gambar teaser tertera tulisan "Mei 2019". Bisa diduga bahwa Valve Index rencananya akan resmi meluncur pada bulan tersebut.

Baca juga: Facebook Perkenalkan "Headset VR" Baru, Oculus Rift S

Valve Index dibekali dengan dua kamera di bagian depan. Kamera ini kabarnya berfungsi untuk melacak kondisi sekeliling sang pengguna headset VR, tanpa harus melepaskan perangkat tersebut.

Belum bisa dipastikan berapa jumlah kamera di headset VR ini. Ada rumor yang menyebut  Valve Index memiliki empat kamera untuk kinerja inside-out tracking, namun berdasarkan gambar di atas, sensor kamera terlihat hanya ada dua.

Selain kamera, pada bagian atas Valve Index terlihat adjustment slider yang disinyalir berfungsi untuk mengatur jarak antara mata dengan lensa headset VR ini, agar lebih nyaman digunakan.

Sebagaimana dihimpun oleh KompasTekno dari TheVerge, Selasa (2/4/2019),  ada pula sebuah tombol di sebelah kanan modul slider tadi, yang belum diketahui fungsinya untuk apa.

Spesifikasi serta fitur headset VR Valve Index ini masih misterius.

Baca juga: Ikuti WhatsApp dan Instagram, Pendiri Oculus Hengkang dari Facebook

Belum diketahui juga apakah Valve Index merupakan headset VR tipe stand alone, seperti Oculus Quest, atau headset VR tipe kabel seperti Oculus Rift 2 dan HTC Vive.

Rumor sebelumnya sempat menyebutkan bahwa Valve tengah mengembangkan headset VR yang memiliki jangkauan field of view (FoV) sebesar 135 derajat.

Ada pula rumor yang menyebut bahwa motion controllers bernama "knuckles" milik Valve -yang mungkin digunakan sebagai controller headset VR- kini sedang diuji coba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com