Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun ke-15, Gmail Dapat "Hadiah" Fitur Baru

Kompas.com - 03/04/2019, 08:29 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan e-mail besutan Google, Gmail, pertama kali diluncurkan pada 1 April 2004 lalu. Usianya pun kini sudah genap 15 tahun. 

Untuk menandai kiprah Gmail yang menginjak umur "remaja", Google pun memberi hadiah berupa fitur baru terkait penulisan pesan dan pengiriman e-mail. 

Pengguna Gmail kini bisa menjadwalkan kapan e-mail akan dikirim ke penerima. Caranya adalah dengan mengetuk ikon "tiga titik" di samping kanan ikon "send" dalam jendela penulisan e-mail, lalu memilih opsi "Schedule send" dari menu yang terbuka.

Setelah itu, akan muncul beberapa preset waktu pengiriman e-mail yang disarankan Google, misalnya "besok pagi" atau "besok siang". Pengguna juga bisa memilih sendiri tanggal dan waktu pengiriman e-mail terjadwal. 

Baca juga: Cara Mengirim "E-mail Rahasia" dengan Gmail

Jangan lupa untuk memperhatikan zona waktu wilayah pengirim dan penerima e-mail agar tak terjadi kekeliruan. Informasi zona waktu sendiri akan tampil di jendela pengaturan waktu tadi.

Fitur Schedule send memang bisa bermanfaat bagi para pengirim yang zona waktunya berbeda dengan penerima, sehingga email datang dalam waktu yang tepat dan tidak mengganggu sang penerima e-mail.

Untuk membatalkan pengiriman, pengguna cukup tekan tombol "undo" setelah memilih jam dan tanggal pengiriman. Schedule send digulirkan secara bertahap ke seluruh pengguna Gmail. 

Ilustrasi fitur Schedule send di aplikasi GmailRilis Ilustrasi fitur Schedule send di aplikasi Gmail

Penulis e-mail pintar

Selain fitur scheduling, menurut keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (3/4/2019) Google juga mendatangkan fitur lain ke Gmail, yakni AI Smart Compose yang kini lebih pintar dan mendukung 4 bahasa tambahan: Spanyol, Perancis, Italia, dan Portugis.

Dukungan empat bahasa ekstra bagi sang penulis e-mail pintar ini baru meluncur untuk Gmail versi Android. Gmail Versi iOS dijanjikan akan menyusul dalam waktu dekat.

Ada pula fitur Dynamic Email untuk menjelajah informasi di dalam konten e-mail, seperti memberi komentar di dokumen Google Docs yang terlampir, memesan hotel lewat body e-mail, dan hingga mengonfirmasi RSVP, tanpa meninggalkan tab inbox dan jendela e-mail.

Baca juga: Resmi Dirombak, Gmail di Android Jadi Serba Putih

Gmail sendiri kini memiliki 1,5 miliar pengguna harian. Mereka biasanya memanfaatkan Gmail untuk mengirim e-mail ke kerabat hingga rekan kerja. 

Tampilan Gmail pun sudah banyaj berubah sejak pertama diluncurkan pada 1 April 2004. Dari rancangan lawas yang penuh dengan teks klasik, kini Gmail telah menggunakan desain material yang serba putih dan kekinian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com