Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AWS Buka Data Center Baru di Indonesia 2021

Kompas.com - 04/04/2019, 18:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.comAmazon Web Services, Inc. (AWS) mengumumkan akan membuka data center region di Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022. Region tersebut akan terdiri dari tiga Availability Zone (Zona Ketersediaan) pada saat peluncuran.

Dengan adanya data center baru di region Indonesia, pelanggan di Tanah Air diharapkan dapat menjalankan beban kerja di Indonesia, dan melayani jutaan pengguna di seluruh Asia Pasifik dengan latensi yang lebih rendah.

Indonesia akan menjadi AWS Region ke-9 di Asia Pasifik, bergabung dengan region yang sudah ada di Beijing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, dan di Hong Kong SAR yang segera akan dibuka.

"Membuka AWS Region di Indonesia akan mendukung ekosistem startup yang tumbuh pesat, perusahaan-perusahaan besar, dan badan-badan pemerintah," ujar Peter DeSantis, Vice President of Global Infrastructure and Customer Support, Amazon Web Services dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (4/4/2019).

Baca juga: Facebook Akan Bangun Data Center Pertama Asia di Singapura

Selain itu, adanya suatu Region di satu wilayah memungkinkan perusahaan-perusahaan di berbagai sektor untuk menurunkan biaya, meningkatkan kelincahan dan meningkatkan fleksibilitas.

Untuk diketahui, setiap AWS Region (data center) terdiri dari beberapa Availability Zone, yang merupakan infrastruktur teknologi di lokasi geografis yang masing-masing berdiri sendiri dan terpisah.

Strategi ini diklaim dapat mengurangi risiko satu kejadian akan berdampak pada kontinuitas bisnis, tapi cukup dekat untuk menghasilkan latensi yang rendah untuk aplikasi-aplikasi yang menuntut ketersediaan yang tinggi.

Saat ini AWS menghadirkan 61 Availability Zone di 20 region infrastruktur di seluruh dunia, dengan 12 Availability Zone lagi di empat AWS Region di Bahrain, Hong Kong SAR, Italia, dan Afrika Selatan yang akan online pada semester pertama 2020.

AWS Asia Pacific (Jakarta) Region baru merupakan bagian terpenting dari rangkaian investasi AWS di Indonesia.

Tahun lalu, AWS membuka kantor di Jakarta untuk mendukung basis pelanggan yang tumbuh cepat di seluruh Tanah Air, disamping menciptakan pekerjaan baru di bidang teknologi di dalam negeri, seperti technical evangelist dan solution architect.

Lebih dari 5.000 orang Indonesia telah dilatih mengenai teknologi-teknologi AWS melalui program AWS Educate dan AWS Traning Certification yang telah diimplementasikan di Tanah Air, dan jumlahnya diharapkan akan meningkat secara signifikan dengan diumumkannya AWS Region yang akan dibangun di sini.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai infrastuktur global AWS, kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com