Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Gabung Konsorsium Kamera Mirrorless Micro Four Thirds

Kompas.com - 08/04/2019, 08:39 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Pabrikan elektronik Jepang, Sharp bakal menambah keramaian ekosistem kamera mirrorless Micro Four Thirds (MFT). Pekan lalu, Sharp mengumumkan telah bergabung dengan konsorsium kamera mirrorless yang didirikan oleh Olympus dan Panasonic pada 2008.

Dikembangkan dari sistem Four Thirds untuk DSLR, MFT adalah sistem kamera mirrorless yang mencakup sensor dan mounting standar untuk semua kamera dari pabrikan yang tergabung di dalamnya.

Ini berarti aksesori-aksesori kamera dari para pabrikan tersebut bisa saling ditukar tanpa butuh adapter. Misalnya, lensa Panasonic dipasang di bodi kamera Sharp atau Olympus, atau sebaliknya. Perangkat lain seperti lampu kilat (flash) juga saling kompatibel antar merek.

Sensor gambar MFT berukuran sedikit lebih kecil dibandingkan sensor APS-C sehingga ukuran lensa-lensa untuk kamera MFT pun cenderung lebih mungil.

Baca juga: Apa Itu Kamera Mirrorless, Bedanya dengan DSLR?

MFT merupakan standar pertama untuk kamera mirrorless, sebelum diikuti oleh APS-C dan full-frame yang secara tradisional berkutat di ranah DSLR.

Dalam ajang CES 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat, awal tahun ini, Sharp telah memperkenalkan purwarupa sebuah produk berbasis MFT berupa kamera mirrorless dengan kemampuan merekam video 8K, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Senin (8/4/2019).

Kamera yang turut dibekali fitur in-body image stabilization dan layar sentuh articulated selebar 5 inci ini digadang-gadang bakal menjadi alternatif kamera 8K dengan banderol lebih terjangkau, di samping berukuran jauh lebih ringkas dibanding kamera 8K profesional.

Kamera 8K Sharp kabarnya bakal dibanderol dengan harga di bawah 5.000 dollar AS (Rp 70,5 juta) jauh lebih rendah dibandingkan model profesional seperti Red Helium 8K S35 (24.500 dollar AS).

Baca juga: Sharp Pamer Kamera Mirrorless dengan Fitur Video 8K

Sharp sendiri masih belum memberikan nama resmi untuk sang kamera 8K, spesifikasi detil berikut harganya pun masih belum diumumkan. Informasi selengkapnya diperkirakan bakal diungkap dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com